Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
EKONOMI SIRKULAR

100 Persen Murni, 100 Persen Petualangan Indonesia, Komitmen AQUA dalam Wujudkan Ekonomi Sirkular dan Kelestarian Lingkungan

Kompas.com - 22/08/2024, 18:01 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) AQUA bersama Wonderful Indonesia meluncurkan kampanye bertajuk “100 Persen Murni, 100 Persen Petualangan Indonesia”.

Kampanye tersebut merupakan bentuk komitmen ketiga entitas terhadap kelestarian lingkungan sekaligus upaya mempromosikan destinasi wisata prioritas dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan selama perjalanan wisata.

Sebagai bagian dari kampanye itu, AQUA bersama Pandawara Group, Najwa Shihab, Kole Project, perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), serta masyarakat setempat melaksanakan aksi bersih-bersih Pantai Binongko, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Aksi tersebut bertujuan untuk mengedukasi dan menginspirasi konsumen dalam menjaga kelestarian lingkungan di destinasi wisata.

Untuk diketahui, masalah sampah merupakan tantangan utama dalam meningkatkan kualitas destinasi wisata.

Berdasarkan data World Population Review, terdapat sekitar 4,8 juta hingga 12,7 juta ton sampah plastik yang dibuang ke laut setiap tahun.

Di Labuan Bajo, jumlah timbulan sampah mencapai 16 ton per hari dengan 33 persen di antaranya merupakan sampah daur ulang.

Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini mengatakan, perlu kolaborasi antara pemerintah, industri, sektor swasta, dan masyarakat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

“Sebagai salah satu negara dengan luas laut terbesar di dunia, masyarakat Indonesia juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran terhadap kelestarian lingkungan. Indonesia dianugerahi keindahan alam oleh Tuhan yang harus dijaga. Mari kita jaga alam Indonesia bersama dan jangan menunggu hingga krisis terjadi," ujar Made dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (14/8/2024).

Didaur ulang

Pendiri Kole Project Putra Hawan menjelaskan bahwa sampah-sampah yang dikumpulkan selama aksi bersih-bersih di Labuan Bajo akan dibawa ke recycling business unit (RBU) untuk dipilah sesuai jenisnya dan dibersihkan.

Setelah itu, semua sampah akan ditekan dengan mesin khusus hingga berbentuk kotak. Selanjutnya, sampah yang sudah dibentuk itu akan langsung dibawa ke Jawa Timur untuk didaur ulang menjadi bahan baku baru. Seluruh proses ini merupakan bagian dari ekonomi sirkular yang diterapkan di Labuan Bajo.

Dalam praktiknya, proses itu turut melibatkan dan memberikan manfaat kepada lebih dari 50 orang, termasuk kalangan difabel.

“Sekarang, 70 persen sampah berasal dari pengumpulan masyarakat dan sudah ada 200 titik pengumpulan sampah, termasuk di gereja-gereja melalui gerakan kolekte sampah,” terang Putra.

Putra menambahkan, ekonomi sirkular yang diterapkan memiliki dampak positif bagi masyarakat. Apalagi, sebagian besar pekerja adalah perempuan rumah tangga yang tinggal di dekat RBU.

“Dengan bergabung dalam kegiatan ini, mereka dapat memanfaatkan waktu luang untuk memilah sampah dan mendapatkan penghasilan tambahan dari setiap kilogram sampah yang dipilah,” kata Putra.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau