Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbang Langsung dari China, Bos Tambang Xi Zhengping Bagikan Pohon untuk Warga Dairi

Kompas.com - 10/04/2023, 10:43 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - PT Dairi Prima Mineral membagikan 800-an batang pohon manggis, duku dan durian endemik kepada masyarakat yang tinggal di lingkar tambang, khususnya di Kecamatan Silima Pungga-pungga.

Inisiatif ini sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan untuk memperkuat perlindungan dan pelestarian lingkungan di Kabupaten Dairi.

Pemberian bibit pohon sudah rutin dilakukan perusahaan tambang yang terletak di Sopokomil, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara.

Tujuannya mempromosikan reboisasi sebagai upaya mengurangi emisi gas rumah kaca dan memperbaiki ekosistem sekitar sesuai tujuan pembangunan berkelanjutan yang diterapkan secara global.

Baca juga: Jelang Melantai di BEI, TBP Raih Status Taat Pengelolaan Lingkungan Hidup

Hal ini bermanfaat bagi kesehatan dan meningkatkan produktivitas ekonomi.

Pemberian bibit dihadiri langsung Presiden Direktur China Nonferrous Metals Mining (Group) Co Ltd (CNMC) Xi Zhengping yang terbang langsung dari China.

Juga hadir Ketua DPRD Kabupaten Dairi Sabam Sibarani, Camat Silima Pungga-pungga Horas Pardede dan perwakilan wasyarakat Novendra Sihombing.

Mewakili Xi Zhengping, VP CNMC Liu Yu mengatakan, PT DPM akan terus menerapkan prinsip pembangunan berkelanjutan, aktif melaksanakan dan membuat rencana tahunan untuk mengembangkan tanggung jawab sosial perusahaan.

Pihaknya akan berorientasi pada pengembangan masyarakat seperti pengentasan kemiskinan, kesehatan, pendidikan khusus untuk anak-anak, pengembangan agrikultur dan memperkuat kerja sama dengan berbagai pihak.

"Kami berkomitmen mengadopsi langkah-langkah etis untuk meminimalkan dampak lingkungan. Mempromosikan pembangunan berkelanjutan di wilayah kerja, yakin bahwa praktik berkelanjutan sangat penting untuk keberhasilan jangka panjang industri pertambangan," kata Liu Yu, Minggu (9/4/2023).

Ketua DPRD Kabupaten Dairi Sabam Sibarani mengatakan, tahun lalu, pihaknya hadir ke Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup menyampaikan dukungan secara terbuka beroperasinya PT DPM. Direktur Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) Kementerian KLH sempat terkejut karena beberapa tahun sebelumnya, banyak sekali yang menolak kehadiran tambang ini.

"Perwakilan 315.000 masyarakat Dairi, saya yang memimpin saat itu, secara terbuka mendukung PT DPM beroperasi. Kami juga meminta agar izin AMDAL-nya cepat diproses. Pernyataan dan dukungan DPRD Dairi ini, penuh risiko, kami sudah mempertimbangkan itu" ucap Sabam.

Sebagai wakil rakyat, lanjut dia, harus melihat secara global. Kehadiran PT DPM dinilai lebih besar dampak positifnya untuk kesejahteraan masyarakat.

Dampak negatif yang timbul, meski kecil, harus ditanggulangi bersama. Pemberian pohon adalah salah satu contoh meminimalisasi dampak negatif tersebut.

"Kami akan tegak lurus mendukung PT DPM sepanjang kehadirannya untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat Dairi," tegas Sabam.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com