Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/06/2023, 18:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyebutkan Forum Bisnis dan Investasi Inovasi Berbasis Alam dalam Festival Lestari menjadi gebrakan model pendekatan baru sumber daya alam.

Hal tersebut disampaikan Direktur Promosi Wilayah Asia Tenggara, Australia, Selandia Baru, dan Pasifik Kementerian Investasi/BKPM Saribua Siahaan dalam pembukaan Forum Bisnis dan Investasi Inovasi Berbasis Alam di Bukit Doda, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Jumat (23/6/2023).

"Ini sebuah gebrakan dan keberanian untuk mencoba model pendekatan baru sumber daya alam," ujar Saribua, sebagaimana dilansir Antara.

Baca juga: Festival Lestari Digelar, Buka Peluang Investasi Komoditas Kabupaten Sigi

Menurut dia, Kementerian Investasi sangat mengapresiasi upaya-upaya yang sedang dilakukan oleh Kabupaten Sigi bersama Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Forum Bisnis dan Investasi Inovasi Berbasis Alam dengan konteks cagar biosfer Lore Lindu.

"Ini merupakan sebuah prestasi di mana Forum Bisnis dan Inovasi sebesar ini dilakukan tidak di ibu kota negara, tapi di sebuah kabupaten di Pulau Sulawesi, yang berhasil bangkit dari berbagai hantaman pascabencana gempa dan likuifaksi maupun Covid-19," kata Saribua.

Melalui Forum Bisnis dan Investasi tersebut, Kementerian Investasi berharap akan banyak partisipasi dan kerja sama yang terbentuk dari para pihak misalnya investor, enabler, pelaku UMKM, offtaker, dan lainnya.

Baca juga: Investasi Kader Kesehatan Jadi Kunci Menekan Stunting, 90 Persen Belum Terlatih

Kegiatan ini diharapkan menciptakan peluang investasi dan kerja sama untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih berkelanjutan di daerah.

"Saya berharap bahwa festival ini bisa menjadi contoh nyata penyelenggaraan acara yang terencana dan mampu menghasilkan tindak lanjut bersama dalam jangka panjang," kata Saribua.

Dalam kesempatan sama, Bupati Sigi Mohamad Irwan mengatakan bahwa Festival Lestari yang dilaksanakan di Kabupaten Sigi merupakan pelaksanaan festival ke-5.

Baca juga: Potensi Energi Terbarukan Asia Tenggara Melimpah, Peluang Investasi Perlu Diperluas

Festival tersebut juga digelar pertama kalinya dilaksanakan secara luring setelah pandemi Covid-19. 

Mohamad menuturkan, salah satu bagian penting dari Festival Lestari adalah Forum Bisnis dan Investasi Inovasi Berbasis Alam.

"Yang merupakan forum bisnis dan investasi pertama di Indonesia yang mengangkat secara serius pendekatan ekonomi lestari dan keterkaitan rantai pasok dengan usaha melindungi keanekaragaman hayati bumi Indonesia," ujarnya.

Forum Bisnis dan Investasi Inovasi Berbasis Alam akan menyajikan ragam portofolio bisnis dan investasi dengan pendekatan inovasi basis alam yang dikembangkan Provinsi Sulawesi Tengah lewat Kabupaten Sigi, Donggala, Parigi Moutong, Poso, dan Kota Palu serta kabupaten anggota LTKL lainnya secara bertahap dengan asistensi Kementerian Investasi dan para mitra.

Baca juga: Investasi Dinilai Penting Tingkatkan Perekonomian Desa

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com