Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Tetap Dingin di Tengah Suhu Panas, Nomor 8 Tarik "Nafas Singa"

Kompas.com - 02/07/2023, 09:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada lusinan cara untuk mengatasi hawa panas ekstrem yang kerap terjadi, tanpa menggunakan air conditionaire (AC) atau pendingin udara.

Cara terbaik memang dilakukan kolektif, namun dalam jangka pendek, 'mengalahkan panas' sangat mirip dengan menjaga diri kita tetap dingin melalui langkah-langkah yang tidak memperburuk konsumsi bahan bakar fosil.

Tetap terhidrasi sangat penting, terlebih tanpa mengeluarkan biaya mahal.

Berikut adalah beberapa tips murah yang direkomendasikan untuk menjaga kesejukan di rumah:

1. Gunakan kipas angin ketimbang AC

AC yang berdiri sendiri membocorkan refrigeran hidrofluorokarbon (HFC): gas beracun yang selanjutnya berkontribusi pada putaran perubahan iklim.

Baca juga: Cuaca Panas Melanda Indonesia, Berikut 3 Gangguan Kesehatan yang Mesti Diwaspadai

Sementara kipas angin adalah pilihan yang jauh lebih baik, dan dapat menangkal suhu interior yang tidak tertahankan jika ditempatkan dengan benar.

Memasang kipas angin di seberang ruangan dari jendela yang terbuka adalah salah satu cara untuk menciptakan aliran udara yang menyejukkan.

Alternatifnya, arahkan ke jendela terbuka di sisi utara rumah untuk menciptakan 'efek cerobong asap' yang akan menarik udara dari arah teduh ini.

2. Tutup gorden dan kerai

Cara berikutnya adalah tutup gorden dan kerai pada jendela untuk mencegah sinar matahari masuk terlalu banyak.

Ada solusi lebih cepat yang diyakini dapat mendinginkan suhu secara efektif. CEO Energy UK Emma Pinchbeck menyarankan untuk memasang koran atau karton di jendela. Hal ini dapat memberikan efek yang diinginkan.

3. Minum cukup air

Minum cukup air benar-benar perlu diulang, terutama karena frekuensi melebihi volume adalah pesan utama dari lembaga kesehatan.

Baca juga: Cuaca Panas Melanda Indonesia, Berikut 3 Gangguan Kesehatan yang Mesti Diwaspadai

Tapi ada berbagai macam minuman menyegarkan lainnya untuk memuaskan dahaga Anda. Minuman mint dingin atau panas sangat bagus untuk mendinginkan suhu Anda, karena mentol alami merangsang reseptor dingin di dalam tubuh.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com