Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2023, 08:04 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan ritel furnitur yang berbasis di Swedia terus konsisten menjalankan program-program inisiatif keberlanjutan bagi terciptanya peluang untuk membantu wirausaha sosial lokal.

Inisiatif terbaru yang dijalankan IKEA Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) adalah kolaborasi antara Instellar dengan IKEA Social Social Entrepreneurship Indonesia Accelerator (I-SEA).

I-SEA adalah program akselerator untuk menciptakan peluang yang lebih baik bagi orang-orang yang rentan dan termarjinalkan, dengan berkontribusi pada peningkatan usaha sosial lokal.

Baca juga: Dorong UMKM Naik Kelas, Sinar Mas Kembangkan Ekosistem Digital

Program ini melibatkan beberapa wirausaha sosial yang dimulai dengan perekrutan. Setelah itu, para wirausaha sosial yang terpilih mengikuti beberapa tahapan yaitu tahap akselerasi dan Growth and Impact Hack yang mencakup kegiatan pendampingan (mentoring).

Program kolaborasi Instellar dengan I-SEA yang telah berjalan dari Oktober 2021-Juli 2023, diikuti oleh 10 wirausaha sosial yang fokus pada agrikultur berkelanjutan hingga pengelolaan sampah, tekstil dan responsible sourcing.

Ke sepuluh wirausaha sosial yang telah mengikuti program ini adalah Kulaku Indonesia, Alner, Duitin, Liberty Society, Rumah Mocaf Indonesia, Westbike Messenger Service, Greenie, QYOS, Sustaination, dan Plépah.

“Dengan berhasilnya program kolaborasi ini, IKEA bersama Instellar akan melanjutkan komitmennya dalam membantu wirausaha sosial melalui program ke dua yang akan dimulai tahun 2024 mendatang,” ujar Ririn Basuki.

Baca juga: Pendopo Memulai Pelatihan UMKM Tekstil dan Fesyen Berkelanjutan

Communication & PR Manager IKEA Indonesia Ririn Basuki mengatakan, I-SEA merupakan salah satu dari rangkaian komitmen IKEA terhadap kemajuan UMKM di Indonesia.

Sebelumnya, Perusahaan menjalankan inisiatif Teras Indonesia melalui kegiatan talkshow dan workshop dengan mengundang perwakilan dari UMKM, seniman lokal yang telah tergabung di Teras Indonesia dan pemerintah setempat sebagai pembicara, tanggal 27 Juni 2023 di IKEA Ciputra World Surabaya.

Sejak pertama kali dibuka di Indonesia, IKEA turut serta memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM dan seniman lokal (di IKEA Kota Baru Parahyangan dan IKEA Ciputra World Surabaya) dengan menyediakan area khusus untuk memajang dan menjual produk mereka.

Baca juga: Hutama Karya Kenalkan Produk Unggulan UMKM Binaan dalam KTT ASEAN

Teras Indonesia merupakan upaya Perusahaan untuk mendukung UMKM Indonesia agar dapat memperkenalkan karya kreatif dan produk unggulan mereka kepada pengunjung toko IKEA.

"Kami bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM dalam program Teras Indonesia guna memberi kesempatan kepada mereka untuk melaksanakan pameran selama satu periode pada area yang telah disediakan,” ujar Ririn.

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com