Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Pencegahan Cara Paling Efektif Turunkan Stunting di Indonesia

Kompas.com - 06/07/2023, 16:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com – Upaya pencegahan menjadi cara yang paling efektif dalam menurunkan prevalensi stunting di Indonesia.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo mengatakan, pencegahan bayi lahir stunting tingkat keberhasilannya lebih dari 80 persen.

“Kalau kita mengejar anak yang stunting menjadi tidak stunting, keberhasilannya hanya 20 persen. Namun, dengan mencegah lahirnya bayi stunting baru, keberhasilannya lebih dari 80 persen,” kata Hasto di Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, Senin (3/7/2023).

Baca juga: Stunting Jadi Neraka Pembangunan SDM Indonesia, Percepatan Penurunan Jadi Perhatian

Dalam rilis pers, BKKBN berupaya melakukan pencegahan stunting dari hulu dengan cara skrining calon ibu agar bayi yang dilahirkan tidak stunting.

Hasto mencontohkan, sebuah kabupaten dengan penduduk 100.000 jiwa, paling banyak akan ada ibu hamil sekitar 2.000 orang.

Dengan jumlah tersebut, rata-rata dalam sehari akan lahir sekitar enam bayi. Selain itu, rata-rata ada tiga calon pengantin yang menikah dalam sehari.

“Kalau saya menjadi bupati di daerah tersebut, saya tidak akan pulang kantor sebelum tahu bagaimana kondisi bayi yang lahir tadi. Berat dan panjang badan,” kata Hasto.

Baca juga: Menko PMK: Pemerintah Fokus Tangani Stunting dan Entaskan Kemiskinan

“Kemudian yang akan menikah tadi harus tahu berapa yang anemia. Mereka yang terindikasi (anemia) berisiko melahirkan bayi stunting harus segera didampingi Tim Pendamping Keluarga (TPK),” imbuhnya.

Menurut Hasto, BKKBN bersama Kementerian Dalam Negeri dan kementerian terkait terus berupaya melakukan pembinaan, memotivasi, dan menggerakkan TPK.

Hal tersebut agar tim itu selalu konsisten dan berkesinambungan dalam beupaya menurunkan stunting sesuai peranannya masing-masing.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dalam sambutannya mengungkapkan, dirinya untuk bisa memahami dan belajar banyak hal mengenai potensi yang bisa digunakan untuk mencegah stunting.

Baca juga: Keharmonisan Keluarga Rupanya Penting Cegah Anak Stunting

Misalnya, menggandeng dinas pendidikan untuk mengajak remaja putri yang bersekolah untuk minum tablet penambah darah.

Menurut Herman, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan juga telah melakukan berbagai upaya menangani stunting.

“Pertama kami lakukan dengan memperkuat data dari kecamatan hingga kabupaten/kota untuk bisa membaca dan menentukan hal apa yang bisa dilakukan,” ujar Herman.

“Tanpa data yang benar kita bisa salah terapi. Jangan sampai sakit pundak yang dipijat kaki,” imbunya.

Baca juga: Biskuit dan Susu Tak Efektif Atasi Stunting, Anggaran Dialihkan ke Protein Hewani

Selain itu, pos pelayanan terpadu (posyandu) juga dihidupkan sebagai garda terdepan serta memanfaatkan tenaga kesehatan yang berada di desa-desa.

Sementara itu, Bupati Banyuasin Askolani mengatakan, pemerintahannya terus melakukan beberapa langkah tindakan pencegahan potensi terjadinya stunting pada anak.

“Tentunya sangat diperlukan edukasi terkait stunting agar masyarakat memahami secara langsung penyebab dan pencegahan stunting dengan memenuhi gizi sejak masa kehamilan dan selalu mengkonsumsi makanan sehat yang bergizi,” kata Askolani.

Baca juga: 12 Provinsi Jadi Prioritas Penurunan Stunting, Berikut Daftarnya

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com