Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/07/2023, 07:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawan Lama Group turut berpartisipasi sebagai buyer maupun supplier produk pada Inabuyer B2B2G Expo 2023 yang diselenggarakan Rabu-Jumat, 5-7 Juli 2023, di Gedung SMESCO, Jakarta.

Partisipasi ini adalah wujud dukungan Kawan Lama Group terhadap perluasan pasar produk UKM dan IKM lokal, utamanya dalam pengadaan barang dan jasa, serta penjualan produk lokal melalui rantai pasok usaha besar.

Direktur Strategic Marketing Services Kawan Lama Group Adeline Ausy Setiawan mengapresiasi acara ini, karena tidak hanya memfasilitasi terjadinya kesepakatan antara buyer dan supplier, juga secara tidak langsung turut mendorong pengembangan potensi produk lokal.

Baca juga: Dorong UMKM Naik Kelas, Sinar Mas Kembangkan Ekosistem Digital

"Pasalnya, melalui pertukaran dan diskusi bisnis yang berlangsung, kami yakin para produsen lokal akan semakin terpacu untuk mengembangkan kualitas dan standarisasi produk mereka agar dapat semakin siap untuk masuk ke ritel modern dan pasar global," ujar Adeline.

Inabuyer B2B2G Expo 2023 adalah kegiatan yang diprakarsai oleh Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) berkolaborasi dengan Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) sebagai bentuk dukungan perluasan pasar produk UKM/IKM agar bisa masuk dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah serta rantai pasok BUMN dan usaha besar.

Kegiatan ini terdiri dari pameran dari produk UKM lokal unggulan, business matching antara pemilik usaha dengan, sejumlah talkshow yang dibawakan oleh para ahli, dan berbagai workshop.

Kegiatan ini melibatkan sekitar 200 buyer dan supplier produk yang terdiri dari instansi pemerintahan (kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah), BUMN, swasta (department store, supermarket, hotel, restoran, kafe, dan marketplace), asosiasi, hingga perbankan.

Baca juga: Pendopo Memulai Pelatihan UMKM Tekstil dan Fesyen Berkelanjutan

Dalam kegiatan ini Kawan Lama Group membuka kesempatan bagi UKM dan IKM lokal untuk berdiskusi langsung dengan tim merchandising tentang peluang pemasaran produk  melalui berbagai merek usaha di pilar Consumer Retail Kawan Lama Group.

Perwakilan merek usaha yang hadir sebagai buyer produk mulai dari ACE, pusat kebutuhan rumah dan gaya hidup yang terlengkap di Indonesia, juga INFORMA, pusat furnitur dan gaya hidup untuk hunian dan bisnis dalam konsep berbelanja zonasi, yaitu display inspiratif berdasarkan ruangan untuk memudahkan pelanggan berbelanja furnitur dan aksesoris dekorasi.

Hadir pula ATARU, penyedia produk gaya hidup untuk milenial dengan pilihan produk-produk unggulan yang inovatif, unik, dan fungsional, juga Pendopo, rumah bagi para UMKM lokal yang telah bekerja sama dengan lebih dari 200 UKM di seluruh nusantara yang hadir di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk.

Baca juga: Hutama Karya Kenalkan Produk Unggulan UMKM Binaan dalam KTT ASEAN

Selain itu Kawan Lama Group juga hadir sebagai supplier produk melalui dua unit bisnis dalam pilar Manufacture & Engineering dari Kawan Lama Group.

“Partisipasi kami di acara ini menjadi wujud dukungan kami terhadap pengembangan produsen lokal. Harapannya, berbagai diskusi yang terjadi selama acara dapat menginspirasi semua pihak dan nantinya bisa memajukan industri dalam negeri,” tutup Adeline.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com