Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Lebih Jauh Reverse Osmosis (RO), Saring 99,99 Persen Polutan Air

Kompas.com - 17/07/2023, 20:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com – Bukan rahasia umum lagi bahwa ada banyak masyarakat yang tinggal di perkotaan bergantung terhadap air minum dalam kemasan (AMDK) untuk kebutuhan air minumnya.

Higienitas, kepraktisan, dan ketersediannya yang terus ada di toko kelontong terdekat menjadi salah satu faktor utama mengapa ketergantungan terhadap AMDK cukup tinggi.

Di sisi lain, ada beberapa masyarakat yang lebih memilih untuk memasak air produksi perusahaan daerah air minum (PDAM) setempat.

Baca juga: 5 Upaya Pelestarian Sumber Air, Bisa Dimulai dari Diri Sendiri

Selain itu, ada pula masyarakat yang memiliki menyaring air PDAM atau air sumurnya sendiri untuk air minum.

Salah satu teknologi yang telah teruji menyaring air biasa menjadi air minum secara efisien dan aman di rumah adalah reverse osmosis (RO).

Edukator air dan udara bersih lulusan Teknik Lingkungan University of Michigan AS, Ivan S Jayawan, mengatakan bahwa RO adalah salah satu teknologi terbaik dalam penyaringan air.

“(RO) salah satu yang terbaik, bisa menyaring 99,99 persen polutan yang umumnya ada di air kita,” kata Ivan yang juga merupakan dosen Teknik Sipil di Universitas Kristen Krida Wacana saat dihubungi Kompas.com, Senin (17/7/2023).

Ivan mengutarakan, sesuai namanya, prinsip kerja RO adalah membalik proses osmosis air melalui membran semi permeable.

Baca juga: Air Bersih dan Sanitasi Layak Bantu Turunkan Angka Stunting

Saat proses pembalikan osmosis, dibutuhkan tekanan. Sehingga terpisahlah antara air bersih dengan polutannya melalui membran tersebut. Penyaringan dengan RO sampai pada tahap monovalen ion.

Ivan menuturkan, RO bisa langsung dipakai untuk memfiltrasi air dari PDAM untuk dijadikan air minum di rumah. Berbagai bakteri dan virus dapat tersaring melalui proses ini.

Selain itu, air sumur juga bisa difiltrasi dengan RO. Akan tetapi, perlu dicek terlebih dahulu kandungan air sumurnya.

Sebab, tingkat kejernihan dan polutan air sumur bisa memengaruhi masa pakai membran di RO.

“Kalau air sumur bisa secara teknisnya enggak masalah. Kalau enggak dicek dulu, tidak tahu apa saja yang ada di dalam (kandungan air sumur) ada apa saja,” ucap Ivan.

Baca juga: 5 Dampak Kelangkaan Air Terhadap Kehidupan

Masa pakai 

Ilustrasi air keran. Teknologi reverse osmosis (RO) bisa membuat air keran menjadi air siap minum. Teknologi RO juga bisa menambahkan mineral sehat ke dalam air keran siap diminum tersebut. Kompas.com/Josephus Primus Ilustrasi air keran. Teknologi reverse osmosis (RO) bisa membuat air keran menjadi air siap minum. Teknologi RO juga bisa menambahkan mineral sehat ke dalam air keran siap diminum tersebut.

Masa pakai membran RO sangat bergantung terhadap kadar polutan yang ada di dalam air yang hendak disaring.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com