Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SCG Bekali Calon Penerima Beasiswa dengan Pelatihan Bahasa Inggris

Kompas.com - 25/07/2023, 12:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Siam Cements Group (SCG) membekali 20 mahasiswa calon penerima beasiswa SCG Sharing the Dream 2023, penggunaan Bahasa Inggris, secara daring, Selasa (18/7/2023).

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk penerapan prinsip ESG 4 Plus, khususnya dalam mengurangi ketimpangan sosial, serta menjadi bentuk komitmen perusahaan untuk mendukung keberhasilan Pendidikan nasional dan kunci unggul ASEAN dalam kompetisi global.

Presiden Direktur PT SCG Indonesia Chakkapong Yingwattanathaworn mengatakan, selain untuk kebutuhan wawancara sebagai tahap akhir dari seleksi beasiswa Sharing the Dream, kemampuan berbahasa Inggris juga semakin penting karena ini merupakan bahasa internasional yang digunakan dalam komunikasi global di berbagai bidang.

Baca juga: Dukung Pendidikan dan Pemberdayaan Terintegrasi, SBI Hadirkan Solusi Academy

"Oleh karena itu, saya berharap webinar ini dapat mengakomodir kebutuhan mahasiswa dalam kemampuan berbahasa asing, sekaligus memperlengkapi mereka agar memiliki kompetensi untuk bersaing secara sehat," ujar Chakkapong.

Webinar pelatihan wawancara berbahasa Inggris ini terdiri dari sesi perkenalan, sharing session Bersama Direktur HRD PT SCG Indonesia, bincang Bersama alumni penerima beasiswa Sharing the Dream hingga sesi praktik secara berkelompok.

Sunda Galih, Mahasiswa asal Institut Pertanian Bogor (IPB) merasa sangat terbantu untuk menjadi percaya diri ketika berbahasa Inggris.

Baca juga: Martabe Dukung Peningkatan Kualitas Pendidikan Vokasi Pertanian

"Saya juga diberikan tips untuk mempelajari SCG dan apa saja yang telah dilakukan yang perlu diketahui agar bisa menjawab pertanyaan dengan baik. Webinar ini membuat saya menjadi lebih optimis untuk menghadapi sesi wawancara yang akan datang," ungkap Galih.

Direktur HRD PT SCG Indonesia Fauzan O. Inak selaku pemateri memberikan tips kepada mahasiswa calon penerima beasiswa untuk mempersiapkan semuanya dengan matang. Antusiasme dan kesungguhan adalah dua aspek penting untuk meyakinkan siapapun yang menjadi asesor nantinya.

Oleh karena itu, selain mempresentasikan diri dengan baik, para mahasiswa juga harus aktif mencari tahu tentang perusahaan agar bisa menjawab pertanyaan dari asesor yang datang dari berbagai bisnis unit SCG di Indonesia.

"Sisanya, banyaklah berlatih di depan kaca seolah-olah kalian sedang berbicara dengan pewawancara, supaya lebih luwes di hari-H," imbuh Fauzan.

Baca juga: HK Peduli, Upaya Hutama Karya Bangun Infrastruktur Pendidikan dan Desa

Beasiswa SCG Sharing the Dream 2023 akan diberikan kepada 410 pelajar Indonesia, terdiri dari 400 siswa SMA dan sederajat serta 10 mahasiswa.

Sejak 2011, SCG telah memberikan lebih dari 3.890 beasiswa untuk pelajar Indonesia, khususnya yang berdomisili di area sekitar perusahaan, yakni Jakarta, Bogor, Tangerang Selatan, Karawang, Sukabumi, Lebak, dan Bekasi.

Tahun 2023 juga menandai perjalanan 11 tahun perjalanan beasiswa SCG Sharing the Dream dalam berkontribusi bagi kemajuan pendidikan Indonesia.

Baca juga: Mengenal Tujuan 4 SDGs: Pendidikan Berkualitas

Adapun dana pendidikan yang disalurkan terdiri dari dua kategori, yakni untuk pelajar SMA sebesar Rp 2 juta per orang per tahun; dan mahasiswa S1 sebesar Rp 8 juta per orang per tahun selama maksimal empat tahun masa perkuliahan.

Selain itu, SCG juga memberikan beragam pelatihan dan menyelenggarakan tiga proyek lingkungan dan sosial terpilih dari para scholars pada 2022—2023.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com