Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkuat Literasi, Holding Mind Id PTBA Gelar "Srikandi Mengajar, Srikandi Menginspirasi"

Kompas.com - 14/08/2023, 10:56 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - BUMN Holding Industri Pertambangan Mind Id (Mining Industry Indonesia) melalui PT Bukit Asam Tbk. (PTBA), menggelar kegiatan “Srikandi Mengajar, Srikandi Menginspirasi” untuk menciptakan budaya literasi pelajar di sekitaran wilayah operasi perusahaan.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja Srikandi Bukit Asam bidang Sosial Masyarakat sejak 2022.

“Srikandi Mengajar, Srikandi Menginspirasi” dilakukan di tujuh SMA/SMK sekitar wilayah operasi anggota, di antaranya; SMAN 11 Muara Enim, SMA Bukit Asam Tanjung Enim, SMK Bukit Asam Tanjung Enim, SMA Muhammadiyah Tanjung Enim, SMK Bina Mulya Lawang Kidul, SMK Mutiara Tanjung Enim, dan SMK Cendekia Unggul Tanjung Enim.

"Program tersebut, para Srikandi Bukit Asam memberikan sharing session seputar motivasi dan inspirasi kepada para pelajar di sekitar wilayah operasi perusahaan," ungkap Selly Adriatika Head of Institutional Relation Mind Id melalui rilis resmi (14/8/2023).

Selly Adriatika menambahkan, Srikandi Bukit Asam pun menyediakan dan membagikan buku guna meningkatkan budaya literasi di kalangan pelajar.

Melalui kegiatan tersebut, lanjut Selly Adriatika, diharapkan akan menumbuhkan urgensi peran perempuan terhadap kecerdasan bangsa. Para Srikandi Bukit Asam berbagi pengalaman terkait profesinya sebagai bagian dari keluarga besar anggota Grup Mind Id PTBA.

"Mereka pun memberikan motivasi dan inspirasi kepada para pelajar untuk terus semangat belajar dan berkarya hingga tercapai cita-cita di masa depan," jelas Selly Adriatika.

Kontribusi pendidikan dan literasi

“Kegiatan Srikandi Mengajar sangat menginspirasi, mudah-mudahan bisa berjalan terus menerus sehingga membuka peluang untuk bisa mengembangkan wawasan untuk pengetahuan dunia kerja dan dunia industri,” kata Direktur Komersial PT HBAP, Anita Parma.

Baca juga: 10 SMA Luar Jawa Terbaik Se-Indonesia, Nomor 1 Sekolah Swasta di Medan

Kepala SMK Bukit Asam Evi Komala Sari mengapresiasi kegiatan yang dimotori Srikandi Pasundan itu. Evi mengatakan pelajar tampak antusias saat mengikuti kegiatan sharing session para Srikandi Bukit Asam dalam menceritakan pengalamannya di dunia kerja.

“Srikandi Mengajar menurut kami sangat bermanfaat bagi anak-anak kami peserta didik karena menambah wawasan tentang dunia kerja, harapan kami kegiatan ini akan terus berlangsung tidak hanya satu kali ini saja,” ucapnya.

Sekretaris Perusahaan BUMN Holding Industri Pertambangan Mind Id, Heri Yusuf mengatakan program Srikandi Mengajar Srikandi Menginspirasi merupakan bentuk nyata komitmen PTBA dalam mewujudkan kontribusi terhadap dunia pendidikan dan memberikan nilai tambah untuk Indonesia.

“Grup MIND ID terus berupaya dan berkomitmen untuk kesejahteraan masyarakat salah satunya di bidang pendidikan seperti yang dilakukan oleh Srikandi Bukit Asam. Kedepan kami akan terus berkontribusi lebih untuk kemajuan bangsa Indonesia,” ucapnya.

Ketua Srikandi Bukit Asam, Erdawati, mengatakan program ini merupakan wujud komitmen dan kontribusi Srikandi Bukit Asam dalam memajukan dunia pendidikan dan peradaban bangsa dengan memberikan motivasi dan inspirasi kepada pelajar dalam mencapai masa depan lebih baik.

Baca juga: Gandeng OJK dan BNN, PNM Garut Edukasi Nasabah Terkait Literasi Keuangan dan Bahaya Narkoba

Srikandi Bukit Asam juga memberikan bantuan untuk sarana penunjang sekolah berupa printer wireless, souvenir untuk para guru dan pelajar, serta buku-buku bacaan sebagai kunci untuk membuka ilmu pengetahun guna meningkatkan budaya literasi di kalangan pelajar.

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com