Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/09/2023, 10:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Phapros Tbk menyalurkan dana kemitraan senilai Rp 2,5 miliar untuk 67 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) hingga pencairan tahap tiga sebagai komitmen dalam pelaksanaan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

Pencairan dana kemitraan ini diselenggarakan di wilayah operasional pabrik Phapros di Semarang, Jawa Tengah.

Direktur Produksi Phapros Ida Rahmi Kurniasih menyampaikan penyaluran dana kemitraan ini diharapkan dapat menjadi stimulus yang mampu mendorong para mitra UMKM dalam mengembangkan usaha mereka.

“Dari dana yang kami anggarkan setiap tahun untuk UMKM, kami ingin UMKM ini naik kelas, sesuai dengan program “UMKM Naik Kelas” yang dimiliki oleh Kimia Farma Group," ujar Ida, Jumat (14/9/2023).

Baca juga: Kredit Pintar Gelar Pelatihan Gratis Bijak Kelola Hutang bagi UMKM Serang

Pada program tersebut, mitra UMKM dikurasi kembali, diseleksi keinginan belajarnya, produknya yang unik dan kompetitif.

Mereka yang lolos seleksi akan diberikan pelatihan berkesinambungan, mulai dari teknik pemasaran, desain kemasan, hingga asistensi untuk bisa mendapatkan sertifikat halal dari BPJPH Kementerian Agama RI.

Ida juga menambahkan penting bagi pelaku UMKM mengikuti arus digitalisasi dengan memanfaatkan digital marketing menggunakan platform media sosial atau e-commerce yang tersedia supaya lebih banyak menjangkau target pasar.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Tengah Eddy S Bramiyanto mengungkapkan, selama pandemi Covid-19 atau tiga tahun ke belakang, UMKM-lah yang membantu perekonomian Jawa Tengah tetap bergerak.

Saat itu, perekonomian Jawa Tengah mengalami pertumbuhan negatif, sehingga Pemerintah Daerah (Pemda) harus mencari cara bagaimana agar roda perekonomian masyarakat tetap berputar.

Baca juga: Tingkatkan Skala UMKM Peternak, Amartha Salurkan Permodalan Rp 100 Miliar

Pada akhirnya, pemda mengalokasikan sebagian APBD untuk membantu pelaku UMKM. Di tengah berbagai keterbatasan yang ada, Pemda juga sangat mengapresiasi kontribusi dan kolaborasi yang dilakukan oleh sektor BUMN, BUMD, dan swasta untuk mendukung kemajuan UMKM, khususnya di Jawa Tengah.

"Karena kontribusi sektor-sektor tersebutlah, kini perekonomian Jawa Tengah bisa bangkit kembali,” ujarnya.

Eddy juga berpesan agar dana bergulir yang dicairkan oleh Phapros pada hari ini bisa digunakan dengan sebaik-baiknya dan hanya untuk kepentingan usaha, bukan yang lain.

Acara penyaluran dana kemitraan ini kemudian ditutup dengan sharing session bersama salah seorang mitra UMKM, peternak lebah klanceng dan produsen lebah klanceng bernama Partono dari Jepara.

Dia telah menorehkan pencapaian lebih dalam usahanya, yakni ikut serta dalam perhelatan KTT G20 di Tanah Air pada tahun 2022 lalu.

Baca juga: Pemberdayaan Perempuan Pelaku UMKM Dapat Tekan Kemiskinan

Proses untuk terpilih sebagai souvenir delegasi KTT G20 tidaklah mudah, karena harus dikurasi terlebih dahulu, dari kemasan, dan perizinan seperti PIRT dan sertifikat jaminan produk halal.

Ia merupakan penggagas UMKM Madu Klanceng di Jepara. Madu Klanceng sendiri berasal dari lebah klanceng yang berukuran tubuh kecil dan menghasilkan madu dengan rasa khas asam dan manis. Tekstur madu tersebut juga lebih encer dibandingkan madu lainnya.

Dalam sharing session tersebut, Partono menjelaskan, bergabung menjadi mitra UMKM binaan Phapros memiliki manfaat tersendiri untuknya, yakni selain memperoleh bantuan modal dan jejaring pasar, program ini juga bisa merangkul lebih banyak peternak lebah madu klanceng.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com