Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Suaka Margasatwa dan Cagar Alam di DKI Jakarta

Kompas.com - 20/10/2023, 13:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com – Sebagai ibu kota, Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta dinilai menjadi wilayah lebih maju dibandingkan provinsi-provinsi lain di Indonesia.

DKI Jakarta menjadi episentrum pembangunan infrastruktur, sarana prasarana, moda transportasi, dan lain-lain. Berbagai gedung pencakar langit ikut tumbuh mengisi lanskap ibu kota.

Akan tetapi, di balik megah dan ingar bingarnya DKI Jakarta, masih ada kawasan konservasi yang diperuntukkan untuk menjaga kenakearagaman hayati di sana.

Dilansir dari situs web Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, terdapat dua Suaka Margasatwa dan satu Cagar Alam di DKI Jakarta.

Baca juga: Daftar Lengkap 79 Suaka Margasatwa di Indonesia

Daftar Cagar Alam dan Suaka Margasata di DKI Jakarta

Dilansir dari situs web Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, berikut dua Suaka Margasatwa dan satu Cagar Alam di DKI Jakarta.

Suaka Margasatwa Muara Angke

Burung bangau berada di dekat kawasan Suaka Margasatwa Muara Angke di Jakarta Utara, Rabu (25/8/2021). Foto menggunakan lensa super telephoto terbaru keluaran dari Canon melalui pt. Datascrip yaitu lensa RF600mm f/4L IS USM.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Burung bangau berada di dekat kawasan Suaka Margasatwa Muara Angke di Jakarta Utara, Rabu (25/8/2021). Foto menggunakan lensa super telephoto terbaru keluaran dari Canon melalui pt. Datascrip yaitu lensa RF600mm f/4L IS USM.

Suaka Margasatwa Muara Angke merupakan kawasan suaka alam dengan tipe ekosistem lahan basah dengan luas 25,02 hektare.

Secara administratif, Suaka Margasatwa Muara Angke masuk wilayah Kelurahan Kapuk Muara dan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Kodya Jakarta Utara, DKI Jakarta.

Kawasan ini merupakan salah satu benteng pertahanan terakhir sistem penyangga kehidupan di DKI Jakarta.

Mamalia di sana adalah monyet ekor panjang. Jenis burung di kawasan ini yang berdekatan dengan hutan lindung terdapat sekitar 17 jenis yang dilindungi, 10 jenis burung migran, dan 50 jenis burung menetap.

Jenis reptil yang dapat dijumpai adalah kura-kura, biawak, ular welang, ular daun, dan lain-lain. Biota perairan yang dijumpai jenis ikan sapu-sapu, gabus, dan lain-lain.

  • Lokasi: DKI Jakarta
  • Pengelola: Balai Konservasi Sumber Daya Alam DKI Jakarta

Baca juga: Daftar Lengkap 212 Cagar Alam di Indonesia

Suaka Margasatwa Pulau Rambut

 

Suaka Margasatwa Pulau Rambut memiliki luas 90 hektare dan secara administratif masuk wilayah Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu, Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Suaka Margasatwa Pulau Rambut merupakan daerah yang bertopografi datar dan berpayau dengan ketinggian 0 – 1,5 meter di atas permukaan laut.

Kawasan ini merupakan pulau karang berpayau yang ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan bakau dan hutan pantai.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com