Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaum Muda Marjinal Jakarta, Ini Kesempatan Bangun Potensi Wirausaha

Kompas.com - 24/10/2023, 12:15 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Yayasan Bulir Padi (YBP) bermitra dengan The Local Enablers (TLE) meluncurkan “Program Kewirausahaan YBP”.

Program ini diperuntukkan bagi 25 anak dan kaum muda marjinal berusia minimal 18 tahun dan bermukim di Palmerah, Bidaracina, dan Marunda, Jakarta.

Berlangsung secara daring selama bulan Oktober-November 2023, program pelatihan ini berfokus pada pengembangan keterampilan kewirausahaan skala kecil atau usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk generasi muda.

Program ini dikhususkan bagi kaum marjinal selaku kelompok masyarakat di perkotaan yang terpinggirkan secara ekonomi, pendidikan, dan budaya. Lebih dari 50 persen peserta Program Kewirausahaan YBP adalah perempuan.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat pengangguran di Indonesia sampai dengan Februari 2023 sebesar 5,45 persen, dan untuk wilayah DKI Jakarta sebesar 7,57 persen.

Baca juga: Berkat Pendampingan UMKM Jawa Timur, Petrokimia Gresik Raup Penghargaan

Angka ini terbilang cukup tinggi karena DKI Jakarta menduduki peringkat keempat sebagai provinsi dengan angka pengangguran tertinggi di Indonesia.

Di sisi lain, menurut data Future Jobs dari World Economic Report tahun 2023, sebanyak 85 juta pekerjaan di dunia akan hilang dibandingkan dengan 67 juta pekerjaan yang akan tumbuh seiring dengan perkembangan teknologi.

Faktor-faktor ini akan menjadi tantangan bagi para pemuda yang hendak memasuki usia produktif di mana mereka memiliki peran besar dalam pertumbuhan ekonomi ke depan.

Ketua Yayasan Bulir Padi Tia Sutresna mengatakan, program ini akan membuka wawasan dan meningkatkan keterampilan serta memberdayakan anak bina kami dalam berwirausaha.

"Selain merupakan salah satu faktor utama kemajuan ekonomi dan sosial, sektor ini juga menyumbang lahan pekerjaan bagi masyarakat, khususnya kaum muda marjinal YBP, yang selama ini kesulitan memperoleh akses ke sektor kerja formal,” ujar Tia.

Tia menambahkan, melalui Program Kewirausahaan, YBP berusaha membantu para kaum muda binaan untuk belajar membangun dan mengembangkan wirausaha skala kecil, antara lain toko makanan dan minuman, butik kecil, hingga usaha makanan keliling.

Baca juga: Punya Minat di Bisnis UMKM yang Jadi Tulang Punggung Ekonomi di Indonesia, Ikuti Cara Berikut

Harapannya, para penerima manfaat akan terlibat langsung menjadi pelaku bisnis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif dengan membuka peluang kerja bagi kaum marjinal untuk meningkatkan taraf kehidupan dan perekonomian mereka.

Bermitra dengan TLE, salah satu organisasi social enterprise, Program Kewirausahaan YBP membantu kaum muda binaan belajar memahami dunia kewirausahaan skala kecil dan karakteristik yang harus dimiliki untuk memulai suatu usaha.

Penerima manfaat akan mempelajari langkah-langkah untuk mengelola dan mengembangkan usaha start-up dan existing business.

CEO Discovery Project by The Local Enablers Faris Prima menimpali, menjalani sebuah proses memerlukan ketekunan dan keberlanjutan yang sungguh-sungguh.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com