Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/10/2023, 20:23 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka World Hydropower Congress 2023 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Selasa (31/10/2023).

"Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini, secara resmi saya buka World Hydropower Congress tahun 2023," tutur Jokowi dalam pembukaan acara tersebut.

Berdasarkan laporan dari Persatuan Bangsa-bangsa (PBB), kata Jokowi, bumi saat ini tengah sakit.

Bumi bukan lagi mengalami global warming (pemanasan global), namun global boiling (pendidihan global).

"Kenaikan suhu bumi jika dibiarkan lebih dari 1,5 derajat celcius, maka diprediksi akan mengakibatkan 210 juta orang mengalami kekurangan air," tegas Jokowi dikutip dari laman YouTube resmi Sekretariat Presiden, Selasa (31/10/2023).

Selain itu, 14 persen populasi akan terpapar gelombang panas, 290 juta rumah akan terendam banjir pesisir, serta 600 juta orang akan mengalami malnutrisi akibat gagal panen. 

Baca juga: Jaringan Utilitas Bawah Tanah IKN Multifungsi, Tampung Kabel-Pipa Air

Kata Jokowi, ini adalah ancaman yang nyata bagi dunia. Untuk itu, Indonesia berkomitmen penuh mempercepat transisi energi melalui penambahan Energi Baru Terbarukan (EBT) dalam skala besar.

Sebab, Indonesia kaya akan potensi energi hijau. Hal ini didasari dari perhitungan akan mencapai 3.600 giga watt, baik dari matahari, angin, panas bumi, arus laut, ombak, bio-energy, serta dari hydropower.

Sebelumnya, Presiden dan rombongan bertolak menuju Provinsi Bali sekitar pukul 07.00 WIB dengan menggunakan Pesawat TNI AU Boeing 737-400 melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta.

Setelahnya, Presiden Jokowi melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Gianyar. Di sana, Kepala Negara diagendakan meninjau secara langsung proses pembelajaran yang ada di SMK Negeri 3 Sukawati.

Selain itu, Presiden juga meninjau harga sejumlah komoditas pangan di Pasar Bulan, Kabupaten Gianyar.

Kemudian, menyerahkan bantuan pangan berupa beras kepada para penerima manfaat yang digelar di Balai Budaya Batubulan, Kabupaten Gianyar.

Mengakhiri rangkaian kegiatan kunjungan kerjanya di Provinsi Bali, Presiden Jokowi membuka secara resmi World Hydropower Congress 2023. 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com