Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

17 Perusahaan Buka Lowongan di Job Fair 2023 Pangkalpinang

Kompas.com - 06/12/2023, 07:04 WIB
Heru Dahnur ,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BANGKA, KOMPAS.com - Sebanyak 17 perusahaan ambil bagian dalam bursa lapangan kerja atau Job Fair di Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (5/12/2023).

Job Fair yang digelar kali kedua selama 2023 di depan kantor wali kota itu diharapkan mampu menyerap ratusan tenaga kerja.

"Melalui kegiatan ini diharapkan tingkat pengangguran terbuka berkurang dan kesejahteraan masyarakat dapat meningkat. Pemkot telah menyiapkan sarana yang memadai untuk kegiatan ini. Kami meminta semua pihak agar memanfaatkan peluang ini," kata Sekretaris Daerah Pangkalpinang Mie Go di lokasi Job Fair.

Mie Go menuturkan, kegiatan Job Fair merupakan salah satu upaya Pemkot Pangkalpinang untuk menciptakan lapangan kerja. Di sana diberikan kesempatan untuk berkarir melalui perusahaan-perusahaan yang terlibat.

Baca juga: Pembangunan Rendah Karbon Bisa Ciptakan 15,3 Juta Pekerjaan Hijau

"Kegiatan ini memberikan informasi lowongan kerja dan memfasilitasi perusahaan dengan pencari kerja," ujar Mie Go.

Tercatat job fair di Pangkalpinang sudah berjalan sejak 2021 yang diikuti sekitar 500 orang pencari kerja. Kemudian pada 2022 diikuti sekitar 700 orang dan per 30 November 2023 diikuti 600 orang.

Melihat angka tersebut, Mie Go berharap kegiatan dapat menjadi program unggulan di dinas terkait dan akan dievaluasi agar lebih maksimal.

Jika menimbulkan multiplier effect yang baik maka tidak menutup kemungkinan akan dilakukan secara berkelanjutan.

Dia mengharapkan, perusahaan yang membuka lowongan kerja ini tidak membatasi dengan syarat wajib memiliki pengalaman, karena tamatan SMA atau kuliah itu belum semuanya memiliki pengalaman.

Baca juga: Survei: Perempuan Indonesia Wajib Berhenti dari Pekerjaan demi Perawatan

"Walaupun ada tapi tidak semua, sehingga harapan kami perusahaan-perusahaan dapat memberi kesempatan kepada mereka untuk bergabung. Misalnya ada uji coba dulu selama tiga bulan," harap Mie Go.

Sekretaris Dinas Penanaman Modal, dan Ketenagakerjaan Kota Pangkalpinang, Amrah Sakti mengatakan, bursa kerja melibatkan 17 perusahaan dengan 47 formasi jabatan dengan estimasi mampu menyerap sekitar 400 tenaga kerja.

Sehingga dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan penempatan tenaga kerja dan mengurangi pengangguran.

"Menjadi sarana untuk mempermudah pencari kerja berkomunikasi dengan pihak-pihak yang membuka lapangan kerja," ujar Amrah.

Job Fair berlangsung selama dua hari (5-6/12/2023) dan pekerja harus mengantongi kartu pencari kerja AK1 yang bisa didapatkan di kantor Disnaker.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com