Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3R, Cara Efektif Pangkas Penggunaan Plastik di Dapur

Kompas.com - 05/01/2024, 17:00 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap tahun, manusia membuang 10 juta ton plastik ke laut. Membunuh sekitar satu juta hewan laut setiap tahunnya.

Salah satu penghasil sampah plastik terbesar adalah dari perlengkapan dapur. Dengan masifnya penggunaan plastik dan fakta fenomena tersebut, penyelesaian masalah ini perlu tindakan regulasi yang ketat dari pemerintah.

Namun, ada beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir sampah plastik.

Baca juga: Bolehkah Menggunakan Botol Plastik Bekas Minuman Lebih dari Sekali?

Jika belum benar-benar bisa menolak penggunaan plastik dalam keseharian, kamu dapat mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang atau 3R (Reduce, reuse, refuse).

Dilansir dari The Guardian, Jumat (5/1/2024), berikut beberapa tips dari para pakar ahli lingkungan, tentang cara mengurangi sampah plastik di dapur.

1. Belanja

Plastik ada dimana-mana, terutama di toko kelontong. Mulai dari plastik yang digunakan untuk menutupi buah yang sudah dipotong, karton susu, dan kemasan daging yang sudah diiris.

Warga berbelanja menggunakan kantong belanja ramah lingkungan di Pasar Bendungan Hilir (Benhil) di Jakarta Pusat, Kamis (9/7/2020). Larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai di Jakarta mulai berlaku sejak Rabu (1/7/2020), pelarangan ini diberlakukan di pusat-pusat perbelanjaan, mulai dari toko swalayan hingga pasar rakyat.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Warga berbelanja menggunakan kantong belanja ramah lingkungan di Pasar Bendungan Hilir (Benhil) di Jakarta Pusat, Kamis (9/7/2020). Larangan penggunaan kantong plastik sekali pakai di Jakarta mulai berlaku sejak Rabu (1/7/2020), pelarangan ini diberlakukan di pusat-pusat perbelanjaan, mulai dari toko swalayan hingga pasar rakyat.
Sulit untuk benar-benar menghindari plastik, namun salah satu cara yang tepat adalah dengan belanja lebih sedikit.

Coba belajar untuk menghindari membeli produk yang tidak kamu perlukan. Lalu, jika kamu memerlukannya, carilah produk yang terbuat dari bahan-bahan alami yang bersumber secara berkelanjutan.

Saat berbelanja, tidak hanya untuk bahan makanan tetapi juga untuk peralatan dapur, ahli merekomendasikan untuk mempertanyakan terlebih dahulu apakah kamu memerlukan sesuatu.

Baca juga:

Kemudian, coba gunakan kembali dengan barang yang sudah kamu miliki, sebelum akhirnya mencari “opsi yang menyertakan konten daur ulang".

Hal ini akan dapat menimbulkan dampak lingkungan yang signifikan. Sebab, menurut laporan Forum Ekonomi Dunia pada 2021, dengan menggunakan kembali 10 persen produk plastik, dapat mencegah hampir setengah dari sampah plastik laut setiap tahunnya.

Kemudian, biasakan membawa kantong belanja saat berbelanja bahan makanan, baik ke pasar maupun supermarket besar.

2. Memasak

Peralatan masak kayu aman untuk kesehatan.SHUTTERSTOCK/I am Kulz Peralatan masak kayu aman untuk kesehatan.
Kamu mungkin berpikir, tidak banyak benda plastik di dapur. Namun nyatanya, hampir setiap rumah tangga memiliki setidaknya beberapa peralatan dapur plastik. Seperti talenan, mangkuk, wajan anti lengket (dilapisi Teflon), spatula, blender, atau gelas.

Peralatan plastik dapat melepaskan mikro dan nanoplastik dalam jumlah tinggi, terutama jika kita memanaskan, memotong, atau mencampurkannya.

Baca juga: Tarik Ulur Perjanjian Pengendalian Plastik Global, Daur Ulang atau Batasi Produksi

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com