Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AKI 2024, 410 Pelaku Usaha Kreatif Raih Ilmu dan Jalin Jaringan di 12 Kota

Kompas.com - 01/06/2024, 17:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Program akselerator Bootcamp Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 telah dilaksanakan di 12 kota dan berhasil membekali 410 pelaku usaha kreatif dengan ilmu dasar bisnis yang sesuai dengan bidangnya.

Kedua belas kota tersebut yakni: Bekasi, Singkawang, Blitar, Palu, Magelang, Serang, Toba, Tanjung Pinang, Ternate, Labuan Bajo, Denpasar dan Merauke)

 

Para peserta mengikuti pelatihan selama tiga hari di bawah bimbingan mentor profesional, dan mendapatkan berbagai manfaat, termasuk membangun jaringan dengan sesama peserta dan mentor.

Sebagai informasi, AKI merupakan program tahunan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang bertujuan membina dan mengembangkan para pelaku usaha kreatif (ekraf) di Indonesia.

Program ini menyediakan wadah bagi para ekraf untuk masuk ke dalam ekosistem ekonomi kreatif, membangun jejaring dan database, serta memperluas pasar.

Tahapan berikutnya adalah bagi para peserta Bootcamp terpilih akan ikut dalam pameran yang akan berlangsung di masing-masing kota dan kabupaten di akhir bulan Mei hingga Agustus 2024.

Kemudian ditutup dengan tahapan akhir dari rangkaian kegiatan AKI 2024, dengan Malam Puncak yang akan diadakan di Jakarta pada bulan September 2024. Malam Puncak AKI 2024 merupakan rangkaian akhir program.

Pada acara ini, ditampilkan satu produk terbaik perwakilan dari 12 kota/kabupaten pelaksanaan, sehingga ada 12 produk terbaik yang berpartisipasi di pameran dengan skala Nasional.

Menparekraf Sandiaga mengungkapkan, AKI adalah program tahunan Kemenparekraf yang bertujuan sebagai wadah bagi pelaku ekraf untuk masuk ke dalam ekosistem, membangun jejaring, dan data base.

"AKI siap menjadi wadah bagi pelaku ekraf untuk masuk ke dalam ekosistem, membangun jejaring dan data base, ajang publikasi dan promosi, serta memperluas pasar," katanya.

Baca juga: Lewat FGD, Dompet Dhuafa Berupaya Revitalisasi Budaya Lokal sebagai Sarana Pemberdayaan Masyarakat

Berdampak langsung pada peserta

Winda Oktriana, peserta dari Pekanbaru dan owner dari jemada "Minda", ekstrak minyak bumbu dapur, mengaku mendapat masukan berharga dari mentor Akbar Moujahid terkait fokus kepada branding agar lebih mengena di segmen ibu rumah tangga.

Ia juga mengaku mendapat banyak inspirasi dan motivasi dari mentor Agus Pramono (Mas Mono) untuk lebih aktif mengikuti pameran agar lebih dikenal oleh calon konsumen dan calon mitra di daerah lain.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com