Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/06/2024, 11:48 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan penyebab suhu permukaan Jakarta meningkat signifikan sebesar 1,6 derajat Celsius dalam 130 tahun terakhir.

Menurutnya, hal itu diakibatkan oleh perubahan lanskap, dari yang sebelumnya dominan vegetasi tumbuhan menjadi kawasan properti.

Praktisi Cuaca dan Iklim Ekstrem BMKG Siswanto mengatakan kenaikan suhu permukaan Jakarta lebih kuat dibandingkan laju kenaikan suhu global dan regional.

"Iklim Jakarta telah berubah signifikan seiring dengan pertumbuhan kota. Hal ini berindikasi terhadap peningkatan suhu permukaan sebesar satu derajat Celsius yang dapat meningkatkan ekstremitas hujan sebesar 14 persen," kata Siswanto, dikutip dari Antara, Kamis (6/6/2024). 

Baca juga: Perubahan Iklim Sebabkan Suhu Bumi 12 Bulan Sangat Panas

Kenaikan suhu permukaan secara drastis tersebut, menyebabkan curah hujan ekstrem di Jakarta mengalami tren peningkatan secara signifikan dengan sifat curah hujan yang mengalami perubahan.

Misalnya, hujan semakin deras, namun durasi lebih pendek. Curah hujan meningkat saat pagi hari dan pergeseran hujan siang ke malam hari, serta peningkatan frekuensi dan intensitas hujan pada musim hujan.

Siswanto menjelaskan, iklim urban didefinisikan sebagai keadaan iklim yang sangat berbeda dengan wilayah rural sekitarnya. Ini akibat adanya perkembangan perkotaan.

Beberapa pemicu karakteristiknya iklim urban, di antaranya urbanisasi, perubahan lanskap, serta penggunaan semua properti di dalam perkotaan seperti energi, tata kelola air, dan tata kelola lahan.

Jakarta alami perubahan lanskap

Berdasarkan hasil pencitraan satelit Landsat untuk Jakarta pada 1972, kata Siswanto, kawasan terbangun di Jakarta masih terbatas dengan vegetasi yang lebih dominan.

Satu dekade kemudian, pada tahun 1982, vegetasi masih terlihat dominan hijau. Suhu belum banyak berubah dengan rata-rata 28 derajat Celsius, meskipun suhu maksimumnya bertambah rata-ratanya dari 31,7 derajat Celsius menjadi 32,2 derajat Celsius.

"Untuk suhu minimumnya pun masih tidak terlalu jauh perubahannya yaitu dari 24,3 derajat Celsius menjadi 24,7 derajat Celcius," kata Siswanto.

Lalu, pada tahun 1997, warna merah atau kawasan hunian sangat ekspansif mulai terlihat. Perubahan lanskap itu diikuti oleh perubahan suhu udara dari rata-rata menjadi 28,4 derajat Celsius naik sekitar 0,4 derajat Celsius.

Kala itu suhu maksimum tidak banyak perubahan dan suhu minimum malam hari sebesar 25 derajat Celsius.

Pada 2005, perkembangan kawasan hunian Jakarta semakin ekspansif hingga tahun 2014. Kawasan hunian semakin padat tak hanya di dalam Jakarta, tetapi juga sampai keluar batas Jakarta.

“Perubahan lingkungan kompatibel dengan perubahan iklim atau perubahan suhu, dalam hal ini yang terjadi di Jakarta,” terang Siswanto.

Ia mengungkapkan pada sekitar tahun 1675 sampai 1725, pemukiman Jakarta belum padat. Selain itu, masih nampak gunung-gunung yang menjulang di wilayah Bogor.

Setelah VOC masuk sekitar tahun 1755-1785, Jakarta mulai berkembang, gunung-gunung sudah mulai tidak kentara. Lal pada tahun 2018, gunung-gunung atau perbukitan yang tadinya terlihat itu sudah menghilang.

"Kita akan terus mengalami perubahan itu, tetapi yang pasti perubahan lanskap dan lingkungan akan menghasilkan konsekuensi, salah satunya konsekuensi terhadap iklim,” pungkasnya. 

 

 

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com