Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/06/2023, 07:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia memiliki potensi Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 3.600 gigawatt.

Direktur Aneka Energi Baru dan Terbarukan Kementerian ESDM Andriah Feby Misna mengatakan, 3.300 gigawatt di antaranya berasal dari Solar Photovoltaic (PV).

Sayangnya, pada tahun 2022 lalu capaian pemanfaatan Solar PV baru di kisaran 300 megawatt atau sekitar 0,03 persen.

"Jadi jauh sekali pemanfaatannya. Kita harus kejar untuk bisa mencapai target transmisi energi," kata Andriah Feby dalam Peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atap Bluebird di Jakarta pada Selasa (13/6/2023).

Lanjutnya, pada tahun 2025 pemerintah menargetkan bisa memanfaatkan EBT dari Solar PV sebesar 23-25 persen di mana saat ini masih di kisaran 12,3 persen.

Jika melihat target jangka panjang nol emisi karbon pada tahun 2060, diproyeksikan sebanyak 708 gigawatt EBT sudah terbangun dengan 400 gigawatt berasal dari Solar PV.

Baca juga: Emisi Karbon Sektor Energi Baru Terpangkas 95 Juta Ton

Kendati demikian, pemanfaatan Solar PV di Indonesia masih menemui sejumlah hambatan, salah satunya dari sisi ketersediaan lahan.

Dengan teknologi yang dimiliki Indonesia saat ini, lahan seluas 1 hektar baru bisa digunakan untuk menghasilkan 1 megawatt energi dari Solar PV.

"Cukup besar lahan yang dibutuhkan, sehingga pemerintah juga mengelola solar atap," tambahnya.

Sementara untuk solar atap atau PLTS atap sendiri memiliki potensi sebesar 32,5 gigawatt. Hingga separuh awal tahun 2023, Indonesia baru memanfaatkan sekitar 100 megawatt dari potensi yang dimiliki solar atap.

Berdasarkan roadmap pemerintah, ditargetkan pemanfaatan energi dari solar atap sebesar 900 megawatt pada tahun 2023 dan 3,6 gigawatt pada 2025.

"Kalau sekarang baru 100-an, dalam enam bulan ini kita butuh 800 megawatt. Ini yang kita harapkan," tutupnya.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com