Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/06/2023, 08:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA akan tetap mengedepankan aspek ramah lingkungan dalam proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito mengatakan, hal ini sejalan dengan konsep pembangunan IKN yaitu kota hutan dan pintar.

"WIKA berupaya meminimalisasi dampak lingkungan yang berpotensi muncul dari adanya pembangunan proyek dan siap mendukung Kementerian PUPR dalam program penghijauan di sepanjang lokasi proyek," ungkap Agung dalam rilis, Kamis (15/6/2023).

Agung mengatakan, salah satu upaya WIKA terhadap pelestarian lingkungan diwujudkan dengan melaksanakan reboisasi serta penyediaan area persemaian di proyek Jalan Tol KKT Kariangau-Simpang Tempadung untuk pohon-pohon yang akan ditanam di IKN.

Baca juga: Disebut Wamen BUMN Poles Laporan Keuangan, WIKA: Diaudit Kantor Akuntan Publik

WIKA juga bekerja sama dengan bank sampah lokal untuk mengelola sampah-sampah yang dihasilkan di proyek Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur.

Dengan kerja sama tersebut, limbah semen cucian mixer akan disalurkan ke biopori residu untuk digunakan kembali untuk perkerasan jalan akses ke proyek.

Selain itu, limbah juga dipisahkan berdasarkan kategorinya untuk dapat diolah. Setelah 8 minggu, kompos terbentuk dari lubang biopori dipanen dan diaplikasikan pada vegetasi sekitar lokasi proyek.

"Kami tentu berharap pembangunan akan berlangsung dengan baik. Sehingga, bisa segera rampung dan dapat mendukung keberlanjutan pembangunan IKN," ujar Agung.

Adapun saat ini, total kontrak yang diperoleh WIKA Group di IKN mencapai Rp 3,48 triliun.

Di antara deretan proyek tersebut, WIKA dipercaya sebagai kontraktor pelaksana pada pembangunan Tol IKN Segmen KKT Kariangau-SP Tempadung dan Jalan Sumbu Kebangsaan Sisi Timur. 

Dalam pembangunannya, WIKA yang tergabung dalam KSO bersama PT PP (Persero) Tbk atau PP- dan PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk atau JAKON dengan total pekerja lebih dari 400 pekerja, serta progres 24 persen.

Tidak hanya itu, WIKA juga menargetkan fase pengaspalan dapat dilakukan pada Kuartal IV tahun ini.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com