Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/06/2023, 10:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) kembali menunjukkan komitmennya dalam membantu masyarakat agar dapat hidup lebih sehat dan sejahtera melalui Program Covid-19 Relief.

Bantuan tersebut berupa pembangunan dan renovasi rumah, renovasi tempat usaha, pembangunan toilet individu, fasilitas pelayanan umum Posyandu serta pelatihan gaya hidup bersih dan sehat untuk masyarakat.

Dilaksanakan pada Mei 2023, program ini didukung Prudence Foundation, organisasi nirlaba yang didirikan guna menjalankan program yang ditujukan untuk pemberdayaan masyarakat dan komunitas (community investment).

Chief Human Resources & Community Investment Officer Prudential Indonesia Indrijati Rahayoe mengatakan, community investment merupakan salah satu fokus inisiatif Prudential Indonesia untuk mendukung masa depan masyarakat yang lebih baik melalui aksi nyata.

Baca juga: 15 Aksi Mitigasi Indonesia dalam Menurunkan Emisi Gas Rumah Kaca

"Dalam situasi yang sulit seperti pandemi Covid-19 kemarin, kami sadar bahwa masih banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan untuk menjalankan hidup yang layak di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor," cetus Indrijati, Senin (26/6/2023).

Oleh karena itu, melalui program Covid-19 Relief bersama Prudence Foundation, Perusahaan menghadirkan rumah layak huni, merenovasi tempat-tempat usaha dan fasilitas kesehatan bagi masyarakat, dan mendukung masyarakat untuk bisa lebih berdaya.

Hal ini sesuai dengan visi dari Prudential Indonesia yaitu untuk mendukung masyarakat yang lebih sehat supaya mereka bisa mendapatkan yang terbaik dalam hidup. 

Selain program Desa Maju Prudential di Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, yang hingga saat ini memasuki tahun ke-3, program Covid-19 Relief diperluas ke Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Baca juga: Waspada, 7 dari 10 Sumber Air Rumah Tangga Tercemar Limbah

Melalui program ini, direncanakan sebanyak 13 unit rumah layak huni permanen, renovasi 10 rumah, 38 toilet individu, serta 2 unit Posyandu akan dibangun untuk masyarakat kurang mampu.

Prudential Indonesia juga memberikan pelatihan pemeliharaan tempat tinggal kepada 400 warga Babakan Madang, untuk meningkatkan kesadaran hidup bersih dan sehat.

Selain itu, kepedulian Prudential Indonesia juga akan menyasar pelaku usaha kecil dan menengah di area tersebut dengan memberikan renovasi 10 tempat usaha UMKM, pelatihan kewirausahaan kepada 50 orang, dan pelatihan kewirausahaan kepada 10 wirausahawan terpilih.

Hal ini dilakukan agar mereka berdaya saing lebih kuat dan mampu meningkatkan ruang lingkup bisnisnya di masa mendatang.

Seperti halnya program Desa Maju Prudential, program ini bekerja sama dengan Habitat for Humanity Indonesia dengan melibatkan para PRUVolunteers, yaitu sebuah komunitas yang terdiri dari seluruh karyawan Prudential Indonesia yang mendedikasikan waktunya untuk berbagi kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan sosial.

Baca juga: Seperti Apa Rumah Ramah Lingkungan?

Executive Director Prudence Foundation Marc Fancy mengungkapkan, Prudence Foundation merupakan wadah bagi community investment untuk mendukung peningkatan taraf pendidikan, kesehatan, dan keselamatan masyarakat di seluruh Asia dan Afrika.

Melalui program Covid-19 Relief yang dilaksanakan di beberapa negara, Prudential Indonesia memperluas ruang lingkup Community Investment-nya untuk membantu masyarakat dan komunitas melalui aksi sosial berkelanjutan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Saya sangat mengapresiasi antusias dari para PRUVolunteer yang telah mendedikasikan waktunya untuk terjun langsung berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan," kata Marc.

Melalui program community investment, Perusahaan dapat mendukung lebih banyak lagi keluarga Indonesia agar semakin yakin mewujudkan hidup yang lebih sehat dan lebih sejahtera sehingga bisa mendapatkan yang terbaik dalam kehidupan,.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com