Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun 2022, Bumi Kehilangan Hutan Hujan Tropis Seukuran Negara Swiss

Kompas.com - 29/06/2023, 10:23 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber Euronews

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah laporan dari World Resources Institute (WRI) mengungkapkan bahwa hutan hujan tropis terus menyusut secara intensif.

Bahkan, per 2022 Planet Bumi kehilangan area hutan hujan tropis seukuran negara Swiss atau Belanda. Ini artinya, area hutan hujan tropis seukuran lapangan sepak bola dihancurkan setiap lima detik!

Dari laporan yang sama terungkap bahwa kehancuran tersebut disebabkan oleh kombinasi dari kebakaran hutan dan deforestasi untuk pertanian, dan penambangan.

Baca juga: Jelang Pemilu 2024, Risiko Perusakan Hutan Dikhawatirkan Meningkat

WRI melalui platform pemantauan deforestasi berbasis satelitnya, Global Forest Watch (GFW), mencatat penghancuran lebih dari 4,1 juta hektar hutan tropis primer terjadi pada tahun 2022.

Padahal hutan sangat penting bagi keanekaragaman hayati dan penyimpanan karbon planet ini.

Negara yang paling terpukul adalah Brasil, dengan wilayah yang hancur menyumbang 43 persen dari kerugian global, di atas Republik Demokratik Kongo (13 persen) dan Bolivia (9 persen).

"Kita kehilangan salah satu alat yang paling efektif untuk memerangi perubahan iklim, melindungi keanekaragaman hayati dan mendukung kesehatan dan penghidupan jutaan orang," kata Direktur GFW Mikaela Weisse, seperti dikutip dari euronews, Kamis (29/6/2023).

Betapa tidak, hutan tropis primer yang dihancurkan pada tahun 2022 ini ternyata melepaskan 2,7 miliar ton CO2, setara dengan emisi tahunan India, negara terpadat di dunia.

Akibatnya, perusakan hutan terus meningkat tak terelakkan, terlepas dari komitmen yang dibuat oleh para pemimpin dunia pada COP26 di Glasgow tahun 2021, sebanyak 90 miliar ton CO2.

Sumber penghidupan

Sekitar 1,6 miliar orang, hampir separuhnya adalah masyarakat adat, bergantung langsung pada sumber daya hutan untuk penghidupan mereka.

Di Brasil, deforestasi terus memburuk selama masa kepresidenan Jair Bolsonaro (2019-2023), meningkat 15 persen dalam satu tahun.

Baca juga: El Nino Bikin Potensi Kebakaran Hutan Berlipatganda

Di bawah Bolsonaro, pemerintah Brasil dinilai menutup mata terhadap deforestasi ilegal, melemahkan hak-hak masyarakat adat, dan membatalkan kebijakan lingkungan negara tersebut.

Penggantinya, Presiden Luiz Inacio Lula da Silva, yang dilantik pada bulan Januari, telah berjanji untuk menghentikan penghancuran huta Amazon pada tahun 2030. Namun, sejumlah tantangan harus dihadapi da Silva untuk merealisasikan janjinya.

Hal ini karena sekitar 90 miliar ton CO2 disimpan di pepohonan dan tanah hutan hujan Amazon, dua kali lipat emisi global tahunan.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com