Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mudah Menggunakan Kembali dan Mendaur Ulang Barang di Rumah

Kompas.com - 16/07/2023, 13:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Banyak barang yang setelah digunakan kemudian berakhir di tempat sampah. Padahal, ada barang atau bahan berkelanjutan yang dapat digunakan kembali beberapa kali selama siklus hidup produknya alih-alih dikirim ke pusat daur ulang terdekat.

Misalnya jersey Persija, AC Milan, Liverpool, atau Persib Bandung, yang bisa diubah menjadi barang atau produk lain dengan nilai ekonomi tinggi.

Bisa juga karton-karton air minum dalam kemasan (AMDK) yang bisa didaur ulang menjadi kotak pensil, kotak tisu, atau barang berguna lainnya.

Nah, penggunaan kembali barang-barang ini membantu meningkatkan efisiensi sumber daya alam dan menjaga lingkungan tetap hijau.

Baca juga: 6 Cara Kreatif Daur Ulang Botol Plastik di Rumah

Banyak barang di rumah dapat digunakan kembali, dikurangi atau didaur ulang untuk meminimalkan dampaknya terhadap lingkungan.

1. Karton dan wadah plastik

Botol plastik soda kosong dapat digunakan sebagai media menanam bunga dan tumbuhan di rumah. Botol pop besar dua liter memiliki alas besar yang dapat dipotong, dicuci bersih, dan digunakan sebagai pot bunga.

Wadah kaca juga bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang dapur dan material kecil lainnya di dalam rumah.

Jika membeli banyak sepatu, Anda tidak selalu harus membuang kotaknya. Anda dapat menggunakannya sebagai tempat penyimpanan untuk barang-barang rumah tangga lainnya seperti perlengkapan mandi atau peralatan kebersihan.

2. Kantong plastik tidak perlu dibuang

Anda dapat menetapkan laci dapur untuk menyimpan semua tas belanja saat Anda kembali dari perjalanan belanja bahan makanan biasa.

Baca juga: Bergantung Daur Ulang Saja Tak Cukup Atasi Sampah Plastik

Tas yang digunakan untuk membawa makanan kecil dari toko kelontong bisa digunakan untuk menjejerkan keranjang sampah di sekitar rumah.

Anda juga bisa menggunakan kantong plastik untuk menyimpan barang-barang lain di rumah. Cara inovatif lain untuk menggunakan kantong plastik adalah sebagai cara menyiapkan makanan seperti menambahkan tepung atau pelapis bumbu ke makanan.

3. Koran kemarin, bungkus hari ini

Koran lama tidak harus dibuang ke pusat daur ulang. Anda dapat menggunakan koran sebagai kertas kemasan untuk barang pecah belah di rumah.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com