Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/07/2023, 20:56 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, untuk mengurangi kemiskinan, mengurangi ketimpangan, dan melindungi lingkungan.

Dalam hal ini, generasi muda memiliki peranan untuk membentuk kebiasaan baru dan memberi dampak keberlangsungan bumi pada masa mendatang.

Kesadaran akan pola pikir dan gaya hidup yang peduli terhadap lingkungan juga mulai diterapkan oleh para generasi muda.

Baca juga: Banyak Pembaca KG Media Belum Terpapar Informasi Program SDGs Perusahaan

Jika mengacu pada data Badang Pusat Statistik (BPS), saat ini Indonesia didominasi oleh generasi Z sebanyak 27,94 persen dan milenial sebanyak 25,87 persen.

Berdasarkan data ini, dapat disimpulkan bahwa generasi muda memiliki peran yang sangat krusial dalam mewujudkan SDGs di Indonesia.

Sebagai media yang mendukung penuh aksi SGDs, KG Media hadir dengan sebuah kampanye bernama Lestari, yang merupakan inisiasi mulia dan kontribusi untuk mewujudkan akselerasi pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Chief Marketing Officer KG Media Dian Gemiano mengatakan, pertumbuhan ekonomi yang terakselerasi teknologi sebaiknya diimbangi juga dengan narasi keberlanjutan untuk pembangunan peradaban yang berbasis kemanusiaan.

"Menurut survei pembaca KG Media, publik Indonesia sudah memiliki kesadaran yang baik tentang isu-isu keberlanjutan dan hal tersebut memengaruhi juga persepsi mereka tentang sebuah jenama atau perusahaan," ujar Gemiani.

Baca juga: Laporan SDGs 2022: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi Masih Hadapi Tantangan

Gemiano juga mengungkapkan, tantangannya yang dihadapi saat ini adalah masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui program-program keberlanjutan yang dilakukan perusahaan.

KG Media Lestari dirancang sebagai platform untuk mengakselerasi kolaborasi para pemangku kepentingan sekaligus menggaungkan gerakan-gerakan yang mendukung isu keberlanjutan agar dampaknya lebih signifikan.

Lewat Lestari, KG Media menyigi pembaca, pemirsa dan pendengarnya yang tersebar di seluruh Indonesia mengenai gaya hidup generasi muda dan konsumen terhadap service atau produk yang dihasilkan dari perusahaan yang mendukung program SDGs.

Riset ini telah dilakukan sepanjang bulan Mei 2023 lalu, dengan menerapkan metode kualitatif dan kuantitatif.

Baca juga: Isu SDGs Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Produk

Riset kuantitatif melibatkan sebanyak 5.620 responden yang berasal dari berbagai usia dan gender, serta merupakan audiens KG Media selama satu tahun terakhir yang dilaksanakan secara daring melalui widget, media sosial, dan native polling di seluruh unit KG Media.

Sementara itu riset kualitatif menggunakan lima orang responden yang dipilih secara acak, dan dilaksanakan secara daring dengan metode in depth interview.

Dari riset tersebut, KG Media mendapati sejumlah temuan menarik. Dari keseluruhan audiens KG Media, sebanyak 40 persen adalah orang yang mengikuti isu-isu sosial, lingkungan, etika bisnis, memerhatikan program maupun kinerja perusahaan terkait SDGs, dan aktif dalam aktivitas sosial atau lingkungan.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com