Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/07/2023, 23:06 WIB
Hadi Maulana,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Polisi Daerah Kepuluan Riau (Polda Kepri) meminta setiap wisatawan mancanegara (Wisman) maupun lokal yang hendak berkunjung ke Batam khususnya dan Kepri umumnya, wajib mengunduh aplikasi Polri Super App.

Aplikasi Polri Super App merupakan inisiasi dari Polri dalam menghadapi era digital 4.0 yang sedang berlangsung saat ini.

Salah satu fitur dari aplikasi ini ialah pemetaan lokasi-lokasi aman dan tidak aman dari daerah yang ingin dituju yang sudah mencakup 34 Polda di seluruh Indonesia.

Baca juga: Sipangkas, Sistem Digital Seluruh Pembayaran Diberlakukan di Kepri

“Diharapkan, keberadaan Super App membawa manfaat untuk masyarakat dan pariwisata dalam memastikan apakah daerah yang dituju aman ataupun rawan dari tindak kejahatan, terlebih untuk Wisman,” kata Kabidhumas Polda Kepri Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad di Mapolda Kepri, Jumat (28/7/2023).

Pandra menambahkan, aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai panggilan darurat, informasi terkait pengaduan masyarakat terhadap kinerja Polri dan informasi pelayanan seperti contohnya syarat dan ketentuan dalam pembuatan SIM dan lain sebagainya.

“Batam yang merupakan gerbang keluar dan masuknya wisman maupun lokal, tentunya dengan keberadaan aplikasi ini dapat membantu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan kepastian keamanan dari Polri,” terang Pandra.

Baca juga: Seraya Berbagi Hewan Kurban, Huawei Targetkan 100.000 Talenta Digital

Diharapkan, Polri Super App dapat membantu wisman maupun lokal dalam menentukan dan membuat rencana perjalanan, sehingga wisatawan dapat melakukan kegiatan pariwisata tanpa perlu khawatir dan selalu merasa terlindungi.

Batam sebagai kota yang jumlah wismannya tertinggi nomor tiga di Indonesia akan sangat terbantu dengan adanya aplikasi Polri Super App. 

“Rasa aman itu sangat dibutuhkan, karena bagaimanapun, wisman maupun lokal membutuhkan itu. Apalagi tadi sudah ada aplikasi yang bisa diunduh siapa pun, sehingga bisa melihat lokasi-lokasi mana saja yang aman,” papar Pandra.

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com