Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/07/2023, 00:04 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Deretan perusahaan meraih penghargaan dalam ajang CSR Outlook Awards 2023 yang digelar di Soehanna Hall, Jakarta Selatan, Rabu (26/7/2023).

Penghargaan tersebut diberikan setelah para nomine mempresentasikan program Corporate Social Responsibility (CSR)-nya di hadapan dewan juri yang merupakan para pakar dari berbagai bidang.

Dengan mengusung tema “ESG: Moving Towards Sustainable Future”, PT Olahkarsa Inovasi Indonesia bersama Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD) selaku penyelenggara, menangkap bagaimana upaya-upaya dari sektor bisnis mengimplementasikan konsep Environment, Social, and Governance (ESG) dalam proses bisnisnya.

Baca juga: 13 Perusahaan Sabet Penghargaan ESG Award 2023 dari KEHATI

ESG sebagai sebuah kacamata dalam menjalankan bisnis, digunakan untuk melihat bagaimana suatu bisnis akan terus mengalami perubahan yang dinamis seiring dengan berbagai tantangan dan peluang yang ada.

ESG merupakan kerangka kerja (framework) yang berperan sebagai akselerator untuk mencapai masa depan bisnis yang berkelanjutan.

Penghargaan diberikan ke dalam beberapa kategori di antaranya, Best Practice in Economic Empowerment, Best Practice in Education, Best Practice in Environment, Best Practice in Creating Shared Value dan Best Outstanding Leader.

Sebanyak 82 nomine menjadi peserta dalam CSR Outlook Award 2023 ini. Para nomine tersebut kemudian melalui penjurian paper dan pitching.

Baca juga: ESG Mendorong Terciptanya Iklim Investasi yang Baik

Berikut para pemenang pada CSR Outlook Awards 2023.

1. Kategori Best Practice in Economic Empowerment

Merupakan penghargaan bagi perusahaan yang telah berhasil menciptakan inovasi dalam program pemberdayaan ekonomi.

Emas: 

  • PT Banjar Bumi Persada 

Perak: 

  • PT Pertamina Geothermal Energi Ulubelu
  • PT Pertamina Ep Prabumulih Field
  • PT Pertamina Rantau Field

Perunggu:

  • PT Telkom Tbk
  • PT Badak NGL
  • PT Pertamina EP Limau Field

2. Kategori Best Practice in Education

Merupakan penghargaan bagi perusahaan yang mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan capaian pendidikan di Indonesia.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com