Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Krisis Iklim Makin Nyata, Beberapa Wilayah Alami Kenaikan Suhu 1,5 Derajat Celsius

Kompas.com - 23/08/2023, 16:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com – Beberapa waktu lalu, lembaga antariksa AS, National Aeronautics and Space Administration (NASA), menyebutkan bahwa Juli 2023 merupakan bulan terpanas sepanjang sejarah sejak pencatatan dilakukan pada 1880.

Secara keseluruhan, suhu rata-rata Juli 2023 naik 0,24 derajat celsius daripada bulan Juli lainnya dalam catatan NASA. Suhu rata-rata Juli 2023 juga meningkat 1,18 derajat celsius lebih hangat daripada rata-rata Juli antara 1951 hingga 1980.

Semakin memanasnya bumi tak lepas dari efek perubahan iklim dan pemanasan global yang disebabkan oleh aktivitas manusia. Tingginya emisi gas rumah kaca (GRK) yang lepas ke atmosfer membuat panas matahari lebih banyak terperangkapn di Bumi.

Baca juga: Emil Salim: Tinggalkan Program Tak Penting, Fokus Atasi Perubahan Iklim

Pada 2015, negara-negara di dunia secara ambisius sepakat untuk mencegah kenaikan suhu Bumi melebihi 15 derajat celsius dibandingkan masa pra-industri.

Akan tetapi, target tersebut dikhawatirkan meleset karena masih banyak emisi GRK yang lepas ke atmosfer dan belum ada aksi yang betul-betul signifikan dari negara-negara di dunia.

Dilansir dari Reuters, rata-rata suhu Bumi saat ini sudah naik 1,15 derajat celsius bila dibandingkan masa pra-industri.

Bahkan di beberapa wilayah, dalam beberapa tahun terakhir penduduknya sudah merasakan suhu regional yang melampaui batas 1,5 derajat celsius.

Beberapa wilayah tersebut seperti Eropa, Kutub Utara, sebagian besar Afrika, Amerika Utara, Timur Tengah, Asia, dan sebagian Amerika Selatan.

Baca juga: Begini Strategi Pembangunan Berketahanan Iklim dari Bappenas

Sejumlah ilmuwan mengatakan kepada Reuters, penduduk yang tinggal di kawasan tersebut sangat terdampak suhu yang tinggi dan merasakan berbagai bencana seperti kekeringan, banjir, badai, dan bencana hutan.

“Banyak orang yang tinggal di daerah yang sudah menghangat lebih dari 1,5 derajat celsius,” kata Robert Rohde, kepala ilmuwan di Berkeley Earth, kelompok penelitian non-profit yang berbasis di AS.

“Dan alasan utama untuk ini adalah bahwa daratan menghangat lebih cepat daripada lautan,” sambungnya.

Dengan suhu yang bervariasi dari hari ke hari, sulit bagi siapa pun untuk memperhatikan perubahan suhu regional dan jangka panjang dengan kenaikan 1,5 derajat celsius.

Namun peningkatan suhu regional di daratan semakin menambah cuaca ekstrem bagi 8 miliar penduduk Bumi.

Baca juga: Pidato Presiden Dinilai Belum Tunjukkan Keadilan Iklim

Pendidihan global

Ilustrasi pemanasan global. Salah satu dampak pemanasan global terhadap lingkungan adalah mencairnya es di Kutub Utara dan Selatan.Dok. Shutterstock/Sepp photography Ilustrasi pemanasan global. Salah satu dampak pemanasan global terhadap lingkungan adalah mencairnya es di Kutub Utara dan Selatan.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan, era saat ini bukan lagi pemanasan global, tapi sudah menjadi pendidihan global.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com