Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perguruan Tinggi Jadi Mesin Akademis Bantu Pengentasan Kemiskinan Indonesia

Kompas.com - 08/09/2023, 11:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com - Perguruan tinggi memiliki peran yang signifikan dalam pengentasan kemiskinan. Kampus adalah mesin akademis yang dapat mendorong penguatan ekonomi Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Nunung Nuryartono di Aula KRT Fadjar Notonagoro Universitas Airlangga, Surabaya, Rabu (6/9/2023).

Nunung menuturkan, jumlah perguruan tinggi di Indonesia tak kurang dari 3.000 sehingga punya potensi besar membantu mengentaskan kemiskinan.

Baca juga: Bappenas Ungkap 3 Strategi Capai Nol Kemiskinan Ekstrem 2024

"Bahkan terdapat riset yang menyatakan semakin tinggi peran perguruan tinggi di masyarakat, maka tingkat penurunan angka kemiskinan semakin cepat," ujar Nunung dilansir dari keterangan tertulis.

Sementara itu, Sekretaris Menko PMK Andie Megantara menyampaikan, perguruan tinggi memiliki kepakaran dan keragaman disiplin ilmu.

Kelebihan tersebut bisa memberikan perspektif baru yang menghasilkan solusi inovatif untuk menyelesaikan permasalahan kemiskinan di Indinesia.

Baca juga: Pemberdayaan Perempuan Pelaku UMKM Dapat Tekan Kemiskinan

Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PPKE) mengamanatkan pentingnya koordinasi antara pemerintah dan non-pemerintah, termasuk perguruan tinggi.

Perguruan tinggi memiliki peran strategis dalam PPKE melalui kontribusi kepakaran dalam hal pendidikan, pengajaran, penelitian, pengembangan, serta pengabdian masyarakat.

Hal tersebut guna mendukung target pemerintah mencapai nol kemiskinan ekstrem pada 2024 mendatang.

Baca juga: Kemiskinan Ekstrem Terkonsentrasi di Indonesia Timur

Di sisi lain, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Dian Agustia menyatakan, pihaknya berkomitmen bekerja sama dengan pemerintah untuk mendorong percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Dia menuturkan, Universitas Airlangga telah meluncurkan Rumah Sakit Terapung Kesatria Airlangga (RSTKA) yang berfokus membantu akses kesehatan di pulau-pulau terpencil.

Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Timur Kukuh Tri Sandi menuturkan, upaya pengentasan kemiskinan memerlukan kolaborasi berbagai pihak

Keterlibatan perguruan tinggi akan turut menguatkan berbagai program yang telah dirancang.

Baca juga: Kemiskinan Ekstrem Diyakini Hilang pada 2024

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com