Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka WEIS 2023, Wapres Sebut Pemerintah Serius Kembangkan Ekosistem Wirausaha

Kompas.com - 08/09/2023, 20:00 WIB
Perdana Putra,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Wakil Presiden Indonesia KH Ma'ruf Amin menyebutkan pemerintah Indonesia secara serius mengembangkan ekosistem kewirausahaan.

"Pengembangan itu melalui regulasi yang mengatur tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional," kata Ma'ruf saat membuka World Entrepreneur Islamic Summit (WEIS) 2023 di Padang, Sumatera Barat, Jumat (8/9/2023).

Ma'ruf mengatakan, dukungan lain yang disediakan pemerintah mencakup insentif dan penyediaan infrastruktur, penyiapan sumber daya manusia, sumber pembiayaan, kemudahan akses pasar, hingga penyediaan pendidikan dan pelatihan.

Baca juga: Dibuka Gubernur Sumbar, WIES 2023 Hadirkan 15 Negara di Padang

"Arahnya adalah menciptakan wirausaha baru, kemudian mendorong mereka untuk naik kelas menjadi wirausaha yang mapan dan sanggup menjadi mentor bagi wirausaha lainnya," kata Ma'ruf.

Menurut Ma'ruf, model bisnis tematik kewirausahaan dikembangkan melalui skema wirausaha pemuda, wirausaha perempuan, wirausaha sosial, wirausaha desa dan wirausaha teknologi.

Ikhtiar Indonesia dalam mewujudkan kemajuan dan pembangunan ekonomi yang lebih baik juga dilakukan melalui pengembangan ekonomi dan keuangan syariah sebagai arus baru yang menjanjikan.

Sementara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno memberi apresiasi terhadap kesuksesan Sumbar menggelar WEIS 2023 dengan mendatangkan puluhan negara.

"Sumbar sukses menggelar kegiatan ini. Selain ini, Sumbar juga telah mendapat sertifikasi halal dalam hal destinasi pariwisata dan kuliner," kata Sandiaga.

Baca juga: Tingkatkan Daya Saing, 17 UMKM di Rest Area Tol Cipularang Ikuti Bimbingan Sertifikasi Halal

Sandiaga berharap Sumbar bisa menjadi ujung tombak penggerak ekonomi syariah bukan hanya di Sumbar saja tapi Indonesia.

"Potensi Sumbar sangat besar. Sertifikasi halal sudah, dan Sumbar memiliki basis perekonomian dan pariwisata yang warganya mayoritas Islam," jelas Sandiaga.

Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan saat ini di Sumbar telah tumbuh 100.000 wirausaha milenial yang mengembangkan sektor UMKM di Sumbar.

"Kita siap kembangan ekonomi syariah dengan ditopang wirausaha yang kita miliki," kata Mahyeldi.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com