Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rendah Polusi, Ini 5 Kota yang Dapat Dijadikan Tempat Berlibur

Kompas.com - 26/09/2023, 13:00 WIB
Agis Maulana,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Polusi udara di Jakarta semakin memprihatinkan dari hari ke hari. Per Senin (25/9/2023), nilai indeks kualitas udara (AQI) Jakarta mencapai 133 AQI US. Kualitas udara dengan nilai tersebut termasuk kategori tidak sehat bagi kelompok sensitif.

Kualitas udara yang buruk selama lebih kurang dua bulan terakhir menempatkan Jakarta pada urutan keempat dalam daftar kota paling terpapar polusi udara di dunia.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi DKI Jakarta tahun 2020 melaporkan, sektor transportasi menjadi penyumbang terbesar polusi di Jakarta dengan kontribusi sebesar 67,04 persen. Sektor industri berada di urutan kedua dengan kontribusi sebesar 26,8 persen.

Kondisi ini tentunya mengancam kesehatan masyarakat, terutama bagi mereka yang banyak beraktivitas di luar ruangan.

Dalam enam bulan terakhir, kasus infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA di Jabodetabek meningkat pesat.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu mengatakan bahwa hingga pertengahan 2023, jumlah kasus ISPA rata-rata melebihi 100.000 kasus per bulan.

Bagi pegawai kantoran yang memiliki mobilitas tinggi, polusi udara membuat imunitas tubuh melemah dan mempertinggi risiko tubuh terjangkit berbagai penyakit.

Oleh karena itu, pegawai kantoran sebaiknya bersantai dari kesibukan bekerja dengan berlibur demi menjaga kesehatan tubuh.

Apabila Anda khawatir dengan polusi udara di Jakarta, tak ada salahnya untuk berlibur di kota dengan indeks polusi rendah. Dikutip dari Databoks, berikut lima kota yang memiliki nilai indeks polusi yang rendah.

1. Banda Aceh
Ilustrasi Masjid Raya Baiturrahmanwww.indonesia.travel Ilustrasi Masjid Raya Baiturrahman

Kota dengan julukan Serambi Mekkah ini memiliki beragam tempat yang asyik untuk dikunjungi. Banda Aceh memiliki wisata religi di Masjid Raya Baiturrahman.

Masjid ini adalah simbol agama, budaya, sekaligus semangat nasionalisme rakyat Banda Aceh. Arsitektur dari masjid ini sangat indah dengan kubah besar berwarna hitam. Masjid ini cocok dikunjungi oleh Anda yang ingin merefleksikan diri kepada Tuhan.

Tak hanya wisata religi, Anda dapat mengunjungi pantai Lampuuk yang terkenal dengan pasir putih dan air lautnya yang berwarna biru kehijauan. Anda bisa bersantai di bawah pohon pinus yang tumbuh subur sembari melihat sunset di sore hari.

2. Bukittinggi

Ilustrasi Jam GadangPemkot Bukittinggi Ilustrasi Jam Gadang

Bagi Anda yang menyukai wisata alam, Bukittinggi dapat menjadi salah satu tujuan. Bukittinggi menyajikan berbagai wisata alam, misalnya Danau Maninjau yang enak dipandang disertai hamparan sawah yang membentang luas.

Selain itu, ada Ngarai Sianok, lembah alami sepanjang 15 km yang merupakan rumah bagi banyak flora dan fauna.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com