Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2023, 11:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com – Baru-baru ini, Portugal membuktikan bahwa masa depan berkelanjutan dengan memanfaatkan energi terbarukan bisa tercapai, bukan hanya teori semata.

Pasalnya, selama enam hari berturut-turut, listrik yang disuplai ke seluruh Portugal 100 persen bersumber dari energi terbarukan selama enam hari berturut-turut.

Dari pukul 04.00 pada 31 Oktober sampai pukul 09.00 pada 6 November, negara berpenduduk 10 juta jiwa ini sepenuhnya mengandalkan listrik dari sumber energi terbarukan.

Baca juga: Dokumen Rencana Investasi JETP Diluncurkan, Bauran Energi Terbarukan Ditarget 44 Persen

Itu berarti, selama 149 jam secara terus menerus, listrik yang dikonsumsi penduduk Portugal berasal dari energi angin, energi air, energi surya, dan biomassa.

Dilansir dari Euronews, produksi listrik dari energi terbarukan selama enam hari tersebut bahkan lebih tinggi daripada konsumsinya.

Selama enam hari berturut-turut, listrik dihasilkan dari energi terbarukan mencapai 1.102 gigawatt jam (GWh) sedangkan konsumsinya 840 GWh pada periode yang sama.

Keberhasilan ini sekaligus mengalahkan rekor sebelumnya pada 2019, yakni selama 131 jam, listrik di Portugal disuplai dari energi terbarukan.

Meskipun banyak negara masih mengandalkan bahan bakar fosil sebagai salah satu bentuk energinya, Portugal mampu menghasilkan energi terbarukan yang lebih dari cukup untuk berfungsi selama enam hari berturut-turut.

Baca juga: Energi Baru Terbarukan Kunci Keberhasilan Ketahanan Energi di Masa Depan

Ambisi Portugal

Portugal berambisi bahwa 85 persen konsumsi listriknya disuplai dari sumber energi terbarukan pada 2030.

Portugal juga menargetkan memensiunkan semua pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) pada 2040 dan mencapai netral karbon atau net zero emission (NZE) pada 2045.

Pada Oktober, energi terbarukan di Portugal berkontribusi sebesar 67 persen dari kebutuhan listrik di negara ini.

Pada Oktober pula, produksi listrik dari energi angin mencapai titik tertinggi dalam sejarah di Portugal.

Sejak awal tahun ini, energi terbarukan telah menyuplai 56 persen kebutuhan energi Portugal. Energi angin menyumbang 24 persen, energi air 18 persen, energi surya 8 persen, dan biomassa 6 persen.

Baca juga: Pensiun Dini PLTU Batu Bara Makin Dorong Pengembangan Energi Terbarukan

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com