Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/03/2024, 10:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com - Emisi metana dari sektor energi pada 2023 masih sangat besar bahkan mendekati rekor tertinggi menurut laporan terbaru dari Badan Energi Internasional atau International Energy Agency (IEA).

Emisi metana dari produksi dan penggunaan minyak, gas, batu bara, dan bioenergi  menghasilkan lebih dari 128 juta metrik ton pada 2023, sedikit meningkat dibandingkan 2022.

Metana merupakan salah satu emisi gas rumah kaca (GRK) dengan efek memerangkap panas lebih kuat dibandingkan karbon dioksida.

Baca juga: Komitmen Pemerintah Indonesia Kurangi Emisi Gas Metana Dipertanyakan

Emisi metana pada 2023 mencatatkan kenaikan tiga tahun berturut-turut sejak pandemi Covid-19 pada 2020.

Pada 2020, emisi metana dari sektor energi tercatat 119 juta metrik ton. Sedangkan pada 2021, emisi metananya 122 juta metrik ton.

Sedangkan pada 2022, emisi metada dari sektor energi mencapai 125 juta metrik ton.

Pada 2023, emisi metana yang bocor dari infrastruktur bahan bakar fosil juga meningkat 50 persen dibandingkan pada 2022.

Baca juga: Metana dari Danau Turut Berkontribusi terhadap Emisi GRK

"Emisi dari pengoperasian bahan bakar fosil masih sangat tinggi," kata kepala ekonom energi IEA Tim Gould sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (13/3/2024).

Tingginya emisi metana tersebut masih saja terjadi meski lebih dari 150 negara berkomitmen untuk memangkasnya sebesar 30 persen pada 2030 dibandingkan tahun 2020.

Puluhan perusahaan minyak dan gas juga secara sukarela berkomitmen untuk mengurangi emisi.

Namun, Gould menyampaikan, tahun 2024 kemungkinan akan menjadi titik balik.

Pasalnya, ada berbagai satelit baru yang membantu meningkatkan pemantauan dan transparansi seputar kebocoran metana, sehingga memungkinkan perusahaan untuk segera memperbaikinya.

Baca juga: Google Segera Luncurkan Satelit Pemantau Metana, Lacak Kebocoran dari Migas

Satelit

Awal bulan ini, satelit pendeteksi metana baru yang didukung oleh Google milik Alphabet Inc dan Environmental Defense Fund diluncurkan ke orbit Bumi.

Satelit milik Badan Antariksa Eropa dan pelacak berbasis satelit lainnya yang dikenal sebagai GHGSat juga telah memantau emisi metana.

Namun, MethaneSAT baru akan memberikan rincian lebih lanjut dan memiliki bidang pandang yang lebih luas.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com