Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foopak Greaseproof dan PT Kemenangan Andalan Kemasan Libatkan Ribuan Perempuan Produksi Kantong Ramah Lingkungan

Kompas.com - 02/04/2024, 19:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Foopak Greaseproof, produk unggulan APP Group, dan PT Kemenangan Andalan Kemasan berkolaborasi untuk memberdayakan ribuan ibu-ibu dalam memproduksi kantong kertas ramah lingkungan.

Inisiatif ini tidak hanya menawarkan alternatif pengganti plastik sekali pakai ramah lingkungan, tetapi juga membuka peluang ekonomi bagi perempuan di berbagai komunitas.

Pada 15 Maret 2024, sebagai bagian dari inisiatif ini, perwakilan ibu-ibu dari PT Kemenangan Andalan Kemasan juga mendapatkan pelatihan UMKM dari CSR binaan IKPP Tangerang, IKPP Serang, dan Pindo Deli Karawang.

Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka tentang UMKM, sekaligus memperkuat komitmen bersama untuk keberlanjutan lingkungan dan pemberdayaan ekonomi perempuan.

Head Specialty Paper APP Group Lusiana Gomulia (2/4/2024) menekankan pentingnya peran perempuan dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam upaya pelestarian lingkungan.

Dia menegaskan, perempuan memiliki peran penting dalam menjaga lingkungan, dan kolaborasi ini merupakan contoh nyata bagaimana memberdayakan perempuan dan mendorong ekonomi berkelanjutan.

"Perempuan memiliki peran penting dalam setiap aspek; di keluarga, di lingkungan, maupun di komunitas," ungkap Lusiana.

"Di era serba digital seperti saat ini, banyak hal yang dapat dengan mudah kita pelajari, ada banyak peluang yang dapat kita cari, seperti yang dilakukan juga oleh UMKM binaan APP yang kita hadirkan saat ini," lanjutnya.

"Semoga setiap perempuan dengan segala kekuatannya dapat semakin membuka jalan bagi masa depan dimana setiap perempuan dapat berkembang dan sukses dengan caranya sendiri," ujar Lusiana.

Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan mendorong penggunaan produk ramah lingkungan.

Foopak Greaseproof dan PT Kemenangan Andalan Kemasan berkolaborasi memberdayakan ribuan ibu-ibu dalam memproduksi kantong kertas ramah lingkungan.
DOK. FOOPAK Foopak Greaseproof dan PT Kemenangan Andalan Kemasan berkolaborasi memberdayakan ribuan ibu-ibu dalam memproduksi kantong kertas ramah lingkungan.

General Manager PT Kemenangan Andalan Kemasan Ria Hermawanti Octaviana menyoroti pentingnya pemberdayaan perempuan dalam membangun ekonomi, mulai dari skala kecil hingga rumah tangga.

"Produk yang dihasilkan oleh tangan-tangan terampil ibu-ibu binaan kami menggunakan kertas Foopak Greaseproof, yang merupakan solusi sempurna bagi mereka yang mencari alternatif ramah lingkungan untuk kantong kemasan," jelasnya.

"Kami bangga dengan apa yang telah kami capai bersama dan berharap dapat terus berkontribusi pada lingkungan dan masyarakat," tegas Ria.

Baca juga: Perempuan Berperan Besar Memitigasi Perubahan Iklim

Inisiasi kolaborasi ini juga merupakan dukungan terhadap langkah Pemerintah yang menargetkan pengurangan sampah atau limbah plastik sebesar 70 persen hingga tahun 2025.

Melalui kerjasama ini, Foopak Greaseproof dan PT Kemenangan Andalan Kemasan tidak hanya berkontribusi pada pengurangan penggunaan plastik tetapi juga turut mendukung pencapaian target nasional tersebut.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com