Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cinema XXI Olah Minyak Jelantah Jadi Biofuel

Kompas.com - 06/06/2024, 11:00 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk (Cinema XXI) berkomitmen terhadap isu keberlanjutan, dengan melakukan sejumlah inisiatif yang berdampak positif terhadap lingkungan dan masyarakat.

Plt. Head of Cinema Operations Cinema XXI Ricky Samsoedin mengatakan, dalam kegiatan bisnis dan operasional perusahaan, Cinema XXI selalu berupaya menerapkan prinsip keberlanjutan.

"Meskipun kegiatan usaha Cinema XXI tidak terkait langsung dengan aktivitas yang berdampak pada lingkungan hidup, perusahaan tetap berkomitmen untuk berperan serta dalam menjaga dan melindungi lingkungan,” ujar Ricky saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Baca juga: Antisipasi Aset Mangkrak Bahan Bakar Fosil dari Transisi Energi

Salah satu contoh komitmen tersebut, Cinema XXI melakukan program pengumpulan minyak jelantah yang bekerjasama dengan TUKR, perusahaan Indonesia yang mengoperasikan pengumpulan minyak jelantah atau used cooking oil (UCO).

“Limbah minyak jelantah dari proses produksi dan bisnis Cinema XXI, dikumpulkan oleh TUKR sebagai bahan baku produksi biofuel yang lebih ramah lingkungan jika dibandingkan fossil fuel,” tutur dia.

Adapun impelementasi program keberlanjutan ini dilakukan secara bertahap oleh perusahaan sebagai langkah untuk mendorong transisi energi.

Ricky mengatakan, harapannya langkah ini dapat mendorong penerapan prinsip ekonomi sirkular dalam jangka panjang.

Inisiatif berkelanjutan Cinema XXI

Sejak November 2023 hingga 31 Maret 2024, sudah ada 209 lokasi Cinema XXI yang mengikuti program pengumpulan minyak jelantah. Adapun total Cinema XXI berjumlah 248 lokasi di seluruh Indonesia.

“Secara bertahap, ke depannya seluruh lokasi Cinema XXI akan berpartisipasi untuk pengumpulan minyak jelantah,” imbuhnya.

209 lokasi itu tersebar hampir 100 persen di wilayah Jabodetabek, Pulau Jawa, Bali, Medan, beberapa kota di Sulawesi, Kalimantan, dan kota-kota lainnya.

Selain menjaga lingkungan, Ricky menyebut komitmen perusahaan dalam menjaga kualitas produk makanan dan minuman untuk konsumen.

“Seperti penggunaan minyak goreng, kami menjaga agar warna minyak gorengnya tidak gelap atau keruh. Di sisi lain, kami juga menjaga agar minyak jelantah ini tetap dapat dimanfaatkan dan tidak mencemari lingkungan,” terangnya.

Tidak hanya itu, Cinema XXI selalu menggunakan menggunakan kemasan yang aman dan ramah lingkungan untuk rangkaian produk Food and Beverage (F&B).

“Cinema XXI telah mulai menggunakan bahan-bahan biodegradable yang mudah terurai di alam dan dapat didaur ulang,” ujar Ricky.

Pihaknya juga memperhatikan penggunaan bahan baku yang berkualitas tinggi dan baik untuk kesehatan, seperti biji jagung Non-Genetically Modified Organism (Non-GMO), gula kelapa organik, dan trans-fat-free oil untuk produk popcorn.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com