Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WINGS Group Gelar Aksi Hijau Bersama Karyawan di PIK

Kompas.com - 10/06/2024, 19:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Yayasan WINGS Peduli bersama karyawan menggelar Aksi Hijau dengan menanam ratusan pohon mangrove di kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK).

Bersama Lindungi Hutan, organisasi di bidang lingkungan dan kehutanan, kegiatan ini menjadi bagian dari komitmen #WINGSPeduliLingkungan untuk melakukan konservasi alam dan keanekaragaman hayati sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024.

Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Flora Mangrove Djuhana yang hadir di kegiatan Aksi Hijau ini menyampaikan apresiasinya atas dukungan Yayasan WINGS Peduli.

Menurutnya, pohon mangrove berperan penting dalam restorasi lahan di Teluk Jakarta yang terdegradasi, serta menjaga kualitas air dan udara di sekitarnya.

Baca juga: Kelola Bisnis Berkelanjutan, Esta Dana Venture Tanam 5.001 Mangrove

CEO Lindungi Hutan Miftachur Robani menambahkan, mangrove dapat menyangga spektrum ekosistem di sekitar, seperti gugus karang, padang lamun, hingga hamparan lumpur dan pasir. Keberadaannya dapat melindungi pantai dari abrasi dan intrusi air laut.

"Mangrove di Indonesia sendiri merupakan salah satu hutan kaya karbon dunia, yang dapat mengatasi perubahan iklim, yang kini menjadi permasalahan penduduk dunia,” cetus Robani.

Dalam program Aksi Hijau ini, Yayasan WINGS Peduli menanam 500 pohon Mangrove bersama karyawan dari berbagai departemen.

Setelah penanaman, juga pemerliharaan, seperti penyulaman atau mengganti pohon yang mati dengan bibit baru, serta penyiangan atau menghilangkan tumbuhan liar yang mengganggu pertumbuhan Mangrove.

Baca juga: Tanam Mangrove Secara Masif Jadi Upaya Lindungi Pesisir

Inisiatif ini merupakan upaya Yayasan WINGS Peduli untuk memberikan pengalaman kepada karyawan dalam mewujudkan aksi pelestarian lingkungan, dan bagian dari #GenerationRestoration, yang tahun ini berfokus pada Land Restoration, Desertification and Drought Resilience (restorasi lahan, penggurunan dan ketahanan terhadap kekeringan).

Perwakilan Yayasan WINGS Peduli Sheila Kansil menambahkan, Aksi Hijau diharapkan berdampak bagi lingkungan, dengan mempertahankan fungsi ekologis dan ekosistem di dalamnya serta memaksimalkan penyerapan karbon untuk mengontrol polusi di Jakarta.

"Keterlibatan karyawan dalam aksi ini juga merupakan bentuk komitmen mereka terhadap sustainable lifestyle yang mereka akan teruskan ke sekitarnya,” ungkap Sheila.

Aksi Hijau merupakan kegiatan rutin yang telah dilakukan dengan kolaborasi bersama berbagai pihak.

Baca juga: Separuh Hutan Mangrove di Dunia Terancam Rusak karena Ulah Manusia

Sebelumnya tahun 2023, Yayasan WINGS Peduli mendukung program Net Zero Carbon yang diselenggarakan oleh BPOM, melalui penanaman ratusan pohon mangrove di Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk.

Upaya ini juga diikuti dengan berbagai program lainnya yang telah dilakukan oleh Yayasan WINGS Peduli, termasuk di bidang persampahan.

Beberapa di antaranya adalah kampanye #PilahDariSekarang, fasilitas pengelolaan sampah, hingga kolaborasi untuk melakukan recycle maupun upcycle sampah.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com