Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

463 Beasiswa dari SBI Pabrik Narogong, Wujudkan Pendidikan Inklusif

Kompas.com - 04/08/2023, 21:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendidikan adalah pondasi bagi kemajuan dan perkembangan suatu bangsa untuk membangun masyarakat yang berbudaya, berwawasan, dan berdaya saing pada era globalisasi.

Sayangnya, akses terhadap pendidikan berkualitas masih menjadi tantangan bagi banyak individu, terutama bagi mereka yang kurang mampu secara finansial.

Guna meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan dukungan yang berkelanjutan bagi siswa yang berasal dari sepuluh desa serta SLB Mentari Citra Diri yang berada di Kecamatan Klapanunggal, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Narogong, kembali menyalurkan beasiswa.

Sebanyak 463 beasiswa untuk anak usia sekolah setara SD, SLTP, dan SLTA, diserahkan secara bertahap mulai 1-2 Agustus 2023.

Baca juga: Kemenperin Manfaatkan Digital Learning Petrokimia Gresik untuk Pendidikan

“Melalui program SBI Peduli Pendidikan, kami ingin membantu agar setiap anak memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan serta memberikan kesempatan bagi generasi penerus agar dapat mewujudkan impian mereka”, tutur General Affairs & Community Relations Manager SBI Pabrik Narogong Nur Lailiyah.

SBI Peduli Pendidikan merupakan sebuah program kepedulian dan wujud nyata komitmen perusahaan dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat melalui investasi jangka panjang di dunia pendidikan.

Selain beasiswa berupa dukungan finansial, SBI Peduli Pendidikan juga berfokus pada peningkatan nilai akademis dan non-akademis siswa kelas 12 yang akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi melalui program bimbingan belajar terpadu bernama Genius Local.

Baca juga: HK Peduli, Upaya Hutama Karya Bangun Infrastruktur Pendidikan dan Desa

Selain penyerahan beasiswa, SBI Pabrik Narogong juga mengadakan seminar parenting dengan tajuk “Ketika Tubuhku Tak Lagi Sama” bagi orang tua siswa penerima beasiswa SBI Peduli Pendidikan pada 3 Agustus 2023.

Dihadiri oleh tiga narasumber ilmu kedokteran, dr. Siti Masitoh, MARS, Puskesmas Klapanunggal, dr. Hasanah, SpKJ, MARS, serta dokter perusahaan, dr. Laurence Handoko, acara ini bertujuan untuk membantu peningkatan pemahaman pubertas pada remaja bagi orang tua murid.

Peran orang tua dalam memantau pertumbuhan pubertas anak sangat penting untuk mengatasi tantangan dan perubahan yang terjadi.

Oleh karena itu, Perusahaan berupaya menginformasikan beragam metode pendekatan yang efektif kepada orang tua supaya dapat memberikan dukungan kepada anak dalam mengatasi masa transisi yang penting ini.

Baca juga: Gandeng Dua Pemkab di Jambi, Tanoto Foundation Tingkatkan Kualitas Pendidikan Dasar

Selama lebih dari 15 tahun, program beasiswa SBI Peduli Pendidikan telah didistribusikan kepada hampir 6000 siswa di sekitar area operasional Pabrik Narogong.

Hal ini terus dilakukan oleh SBI Pabrik Narogong agar dapat menciptakan dampak positif yang signifikan dalam masyarakat serta mengubah masa depan seseorang dan mendorong perubahan sosial yang lebih besar.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com