Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen PKK FT UNJ Perkuat Karakter Cinta Lingkungan lewat Guru PAUD Jatinegara Kaum

Kompas.com - 01/09/2023, 21:11 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Jatinegara Kaum merupakan salah satu wilayah binaan unggulan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sejak tahun 2022. Salah satu program unggulan dicanangkan adalah pengembangan dan peningkatan kualitas lingkungan.

Terkait hal itu, Dosen Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik UNJ (Prodi PKK FT UNJ) yakni Elmanora, Maya Oktaviani, dan Hurriyyatun Kabbaro menggelar kegiatan pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran berbasis karakter cinta lingkungan untuk guru PAUD di Kelurahan Jatinegara Kaum, Jakarta Timur.

Kegiatan ini merupakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dan merupakan aksi mitigasi serta edukasi yang bertujuan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat dalam pemeliharaan lingkungan.

Guru adalah pihak strategis yang berpotensi memperluas kebermanfaatan program melalui penanaman nilai karakter cinta lingkungan bagi peserta didik. Anak usia dini merupakan generasi masa depan yang akan memegang peranan penting bagi bangsa Indonesia, termasuk lingkungan sekitar.

Kegiatan ini dihadiri guru-guru PAUD di Kelurahan Jatinegara Kaum, yaitu dari BKB PAUD Melati Ceria, BKB PAUD Mutiara RW 05, BKB PAUD Cempaka, BKB PAUD Mawar Mandiri, BKB PAUD Teladan Bangsaku, BKB PAUD Cahaya Permata, dan BKB PAUD Dahlia.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada 29-30 Agustus 2023 di RPTRA Jaka Berseri yang difasilitasi lurah dan juga staf di Kelurahan Jatinegara Kaum.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Elmanora selaku Koordinator Prodi PKK FT UNJ sekaligus Ketua Pelaksana Kegiatan PkM. Selanjutnya, pelaksanaan pre-test dipimpin Maya Oktaviani untuk mengukur pengetahuan awal peserta terkait program dan lingkungan.

Elmanora membawakan materi penanaman karakter cinta lingkungan, langkah dalam pemilihan sampah, dan aspek-aspek perkembangan yang penting untuk distimulasi kepada anak usia dini.

Kemudian, Hurriyyatun Kabbaro memandu peserta menyusun Rencana Pembelajaran Harian (RPH) bertema lingkungan.

Baca juga: Pentingnya Inovasi Ramah Lingkungan dalam Produk Rumah Tangga

Nilai karakter cinta lingkungan

Menurut Elmanora, RPH yang disusun menekankan penanaman nilai karakter dengan berfokus memberi penguatan kepada peserta didik terkait empat komponen karakter, yakni pengetahuan, perasaan, alasan, dan tindakan berperilaku cinta lingkungan.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com