Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Money Matter", Gita Wirjawan: Pendidikan Vital bagi Perkembangan Ekonomi

Kompas.com - 13/09/2023, 17:17 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Gita Wirjawan dalam laporan "Money Matters: The Relationship between Democratization and Economic Growth in Southeast Asia" yang dirilis CSIS (Center for Strategic and International Studies) menyebut adanya kaitan antara pendidikan dan penanaman modal asing langsung atau FDI (Foreign Direct Investment).

Kecuali Singapura, ungkap Gita Wirjawan, mayoritas negara Asia Tenggara menghadapi tiga kendala utama dalam kinerja ekonomi dan kemampuan menarik Investasi Langsung Asing (FDI): tingkat pendidikan rendah, kurangnya kemepuan daya saing, dan kualitas kepemimpinan.

"Pendidikan memiliki arti penting sebagai pembebasan pikiran, yang sangat vital bagi ekonomi yang sedang berkembang. Kekurangan modal ekonomi, yang terlihat dari sumber daya moneter dan fiskal yang terbatas," tegas Gita.

Hal ini merupakan kelemahan struktural dalam upaya sebagian besar negara di Asia Tenggara untuk mencapai tingkat pendidikan lebih tinggi.

"Karena untuk sebagian besar negara di Asia Tenggara, yang terpenting adalah memenuhi kebutuhan makan sehari-hari, pendidikan seringkali terabaikan," ungkap Gita seperti dikutip dari laporan tersebut.

Meskipun begitu, lanjutnya, kita dapat menemukan contoh-contoh yang menjanjikan bagaimana investasi dalam pendidikan telah berdampak pada produktivitas keseluruhan dan kinerja ekonomi suatu negara.

Vietnam, sebagai contoh, telah sangat tekun dalam meningkatkan pendidikan dalam bidang bahasa dan sains, sebagaimana terbukti dengan peningkatan yang signifikan dalam skor Program Penilaian Siswa Internasional (PISA) mereka.

Baru-baru ini, hal ini telah berkorelasi positif dengan kemampuan Vietnam untuk mencapai FDI yang lebih tinggi per kapita, meningkatkan produktivitas marjinalnya, dan menjalin perjanjian kerja sama ekonomi multilateral.

Baca juga: Perempuan Berperan Penting untuk Gerakkan Ekonomi

STEM dan kemampuan bahasa asing

Gita Wirjawan menekankan pentingnya stabilitas politik dan keamanan sebagai dasar utama untuk membangun perekonomian suatu negara.

Menggunakan data korban jiwa akibat perang dan kekerasan, dia menunjukkan bahwa Asia Tenggara memiliki tingkat fatalitas yang jauh lebih rendah daripada Eropa selama 1500 tahun terakhir.

Hal ini menandakan pondasi yang kuat untuk stabilitas politik dan keamanan di kawasan tersebut dapat mendukung perkembangan ekonomi di masa depan.

Selanjutnya, Gita Wirjawan membahas pentingnya penanaman modal asing (FDI) sebagai indikator keberhasilan ekonomi negara liberal demokrasi. FDI per kapita di negara-negara ASEAN varian, dengan Singapura menjadi yang paling sukses dalam menarik investasi asing.

Kunci untuk menarik modal asing adalah kepastian hukum, yang memberikan kejelasan dalam bisnis dan perhitungan.

FDI adalah salah satu faktor penting dalam memperkuat sistem liberal demokrasi di Asia Tenggara jika didukung oleh upaya penegakkan hukum, transparansi, peningkatan izin usaha, dan stabilitas politik.

Kemudian, Gita Wirjawan menggarisbawahi pentingnya produktivitas marjinal dalam bersaing secara global.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com