Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/09/2023, 16:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com - Lebih dari 100 anak muda adat Papua berkumpul di hutan desa milik masyarakat adat Knasaimos di Kampung Manggroholo-Sira, Distrik Saifi, Sorong Selatan, Papua Barat Daya.

Di hutan desa pertama di Papua ini, mereka mengikuti kegiatan kemah anak muda adat bernama Forest Defender Camp yang diselenggarakan Greenpeace Indonesia berkolaborasi dengan Sadir Wet Yifi dan Bentara Papua pada 20-22 September 2023.

Ketua Sadir Wet Yifi Frengky Sremere mengatakan, acara tersebut digelar agar anak-anak muda adat di Papua data menjadi ujung tombak menjawab permasalahan lingkungan.

Baca juga: Aminef dan Freeport Indonesia Beri Beasiswa 2 Juta Dollar AS untuk Pelajar Papua

"Terutama mendorong pengakuan pemerintah terhadap kami punya wilayah adat dan hak-hak kami sebagai masyarakat adat," kata Frengky dalam keterangan tertulis dari Greenpeace Indonesia.

Mayoritas peserta berasal dari Sorong Raya seperti Kota Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Maybrat, Tambraw, dan Raja Ampat.

Ada juga perwakilan anak muda adat dari Pegunungan Arfak, Manokwari, Boven Digoel, Bintuni, Jayapura, hingga Merauke.

Sebagian dari mereka datang dari komunitas masyarakat adat yang terdampak ekspansi industri ekstraktif ke Tanah Papua.

Selama tiga hari, peserta Forest Defender Camp mengikuti berbagai kegiatan seperti diskusi, lokakarya, hingga belajar melakukan pemetaan partisipatif wilayah adat.

Baca juga: Daftar Taman Nasional di Papua

Mereka bermalam di dalam hutan desa milik masyarakat adat Knasaimos, di rumah-rumah pondok yang dibangun dari kayu dan beratap anyaman daun sagu.

Para ibu-ibu atau mama dari Kampung Manggroholo-Sira memasak serta menjamu para peserta dengan pangan lokal seperti sagu bakar, papeda, keladi, betatas, ubi, dan sebagainya.

Dalam berbagai kesempatan diskusi, para peserta membagikan kisah tentang masalah yang dihadapi masyarakat adat, baik di komunitas mereka sendiri maupun komunitas masyarakat adat lain.

Usai kegiatan, mereka akan bersama-sama menyerukan penyelamatan hutan dan pengakuan masyarakat adat kepada pemerintah.

Greenpeace Indonesia melaporkan, Papua memiliki hutan hujan terbesar yang masih tersisa di Indonesia dan dihuni oleh ribuan flora dan fauna.

Baca juga: Survei WVI: Baru 36,1 Persen Anak Kelas 3 SD Papua Punya Keterampilan Literasi

Banyak di antara flora dan fauna tersebut endemik dan beberapa di antaranya masih baru bagi ilmu pengetahuan.

Selain surga keanekaragaman hayati, Papua juga menjadi rumah bagi lebih dari 271 suku masyarakat adat yang hidup tersebar dari pesisir hingga pedalaman hutan belantara Papua.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com