Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Kolaborasi Aksi Keberlanjutan, Blibli dan Ecoxyztem Gelar "Langkah Membumi Festival"

Kompas.com - 27/11/2023, 19:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Blibli Tiket Group melalui Blibli Tiket Action (program keberlanjutan dari Blibli) bersama Ecoxyztem menggelar Langkah Membumi Festival (LMF) 2023, yang digelar selama dua hari pada 25-26 November di SCBD Park, Jakarta.

Sebanyak 24 ecopreneurs dan lebih dari 15 mitra berpartisipasi dalam mendukung acara yang mengusung tema "One Action, One Earth" yang mendorong aksi nyata kolaborasi memerangi perubahan iklim.

Sejumlah ecopreneur yang berpartisipasi di antaranya Waste4Change, Demibumi, CarbonEthics, YAGI Natural, PALA Nusantara, Dulang, Fairatmos, Surplus, Ravelware, Allas, dan Alner.

Sementara mitra strategis yang terlibat meliputi Djarum Foundation, GIZ Indonesia, Bappenas, TBS Energi Utama, Paloma Sjahrir Foundation, Pegadaian, iForte, Blu by BCA Digital, Bank DBS Indonesia, Primaya Hospital, Polytron, Astra BMW, Artha Graha Peduli, dan Neta.

Rangkaian Festival Langkah Membumi secara keseluruhan melibatkan 30 komunitas dalam pelaksanaan.

Berbagai kegiatan keberlanjutan inspiratif di Langkah Membumi Festival digelar mulai dari talk show, workshop, Ecopreneur hub, cek kesehatan gratis, test drive kendaraan listrik, sampai uji emisi kendaraan dapat diikuti pengunjung.

Langkah Membumi Festival juga menghadirkan penampilan musik dari Barasuara dan Diskoria.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dalam sambutan menyampaikan, “Indonesia telah berkomitmen wujudkan ekonomi hijau sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024."

"Sektor ekonomi kreatif dapat menjadi penggerak ekonomi hijau dengan menciptakan produk dan lain-lain yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Sektor green-tech startup pun berkembang pesat seiring komitmen Indonesia mewujudkan net-zero emissions pada 2060," jelasnya.

Baca juga: Menurut Basuki, Bendungan Bisa Atasi Ancaman Perubahan Iklim

Menparekraf juga memberikan apresiasi kepada Blibli Tiket dan Ecoxyztem yang telah berinisiatif menggelar Langkah Membumi Festival 2023.

"Mari kita jadikan Langkah Membumi Festival jadi momentum untuk menguatkan komitmen kita menemukan solusi bersama dan menjadikan Indonesia sebagai pelopor perubahan menuju ekonomi hijau yang berkelanjutan di dunia," pesan Sandiaga.

Bangun kolaborasi aksi keberlanjutan

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com