Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Literasi, 10 Buku Cerita Anak Berkonteks Papua Diluncurkan

Kompas.com - 20/02/2024, 16:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com – Wahana Visi Indonesia (WVI) bekerjasama dengan Teach for Indonesia BINUS University membuat 10 buku cerita untuk anak-anak di Tanah Papua.

Kolaborasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak-anak Papua sejak dini, sebagaimaan rilis yang diterima Kompas.com dari WVI, Senin (19/2/2024).

Penyusunan 10 buku cerita tersebut melibatkan Tim Guru dari Sekolah Papua sebagai penulis cerita, lima mahasiswi tingkat akhir jurusan Desain Komunikasi Visual BINUS University sebagai illustrator, dan tim WVI sebagai editor.

Baca juga: Presidium GKIA Luncurkan Buku MPASI Kaya Protein Berbasis Pangan Lokal

Penyusunan buku cerita tersebut telah selesai dan diserahterimakan untuk dibagikan secara gratis bagi anak-anak dan masyarakat di Tanah Papua.

Sebagian dari 10 judul buku cerita tersebut telah dicetak sebanyak 1.360 eksemplar dan disalurkan ke rumah baca di Biak, Papua, dan di Asmat, Papua Selatan.

Ke-10 buku cerita tersebut berisi kisah-kisah anak yang relevan dan secara khusus ditulis sesuai kisah-kisah yang ada didalam masyarakat Papua.

Menurut WVI, menghadirkan buku cerita anak yang sejalan dengan konteks di Tanah Papua merupakan hal yang sangat penting.

Baca juga: Kemendikbudristek dan Tanoto Foundation Salurkan 76.000 Buku

Pasalnya, hal tersebut dapat menumbuhkan minat baca anak-anak sejak dini, yang merupakan kunci utama peningkatan literasi generasi muda di Papua

Menciptakan kegemaran membaca akan menjadi fondasi penting dalam membangun masyarakat Papua dengan kemampuan literasi yang baik.

General Manager WVI di Papua Sabtrarina Febriyanti mengatakan, anak-anak di Papua sangat antusias membaca buku-buku cerita yang telah diluncurkan.

Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat baca mereka dan memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat Papua.

Baca juga: 50 Tahun SMBR, Peluncuran Buku Sang Tiga Gajah dan Komitmen SDGs

“Banyak hal baik yang telah dicapai melalui kolaborasi antara WVI, Dinas Pendidikan Kabupaten Jayapura, dan juga BINUS University,” kata Sabtrarina.

Sementara itu, Vice Director Student Affairs BINUS University Yohannes Kurniawan berharap ada lebih banyak kolaborasi di masa depan untuk memberikan dampak yang lebih besar.

Salah satu buku cerita berjudul “Ranting Ajaib Mubes” mengisahkan seorang anak Papua bernama Munes yang berhasil menangkap ikan dengan kalawai dan tongkat kayu.

10 buku cerita anak-anak Papua ini dapat diunduh dengan tujuan non-komersial melalui situs wahanavisi.org pada bagian materi publikasi.

Baca juga: Bappeda Gorontalo Susun Buku Efektivitas Penanggulangan Kemiskinan

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com