Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Korban Kekerasan Seksual Butuh Waktu Lama Berani Melapor

Kompas.com - 29/02/2024, 13:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Editor

KOMPAS.com - Banyak perempuan korban kekerasan seksual yang membutuhkan waktu lama untuk berani melaporkan kepada pihak berwenang tentang kasus yang dialami.

Hal tersebut diungkapkan Anggota Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) Veryanto Sitohang, sebagaimana dilansir Antara, Rabu (28/2/2024).

Veryanto menyampaikan, fenomena tersebut terjadi karena berbagai faktor yang tak lepas dari apa yang dialami perempuan korban kekerasan seksual.

Baca juga: Anies Sebut 15 Juta Orang Jadi Korban Kekerasan Seksual

Bahkan, di antara mereka ada yang baru berani melapor selang beberapa bulan sampai beberapa tahun hingga berani untuk bicara.

"Banyak juga korban kekerasan yang membutuhkan waktu, dia merasa tidak berdaya, butuh menata hati dulu, butuh pemulihan dulu," kata Veryanto.

Oleh karena itu, perempuan korban kekerasan seksual yang berani melapor perlu didukung.

Dia merasa miris bila ada pihak-pihak yang mempertanyakan kebenaran kasus kekerasan seksual karena korban yang baru melaporkan kasusnya yang sudah lama terjadi.

Baca juga: Kekerasan Seksual Perempuan Naik, Banyak yang Tidak Berani Lapor

"Bila ada orang yang meragukan kasus kekerasan seksual dengan kalimat 'kenapa baru sekarang berani lapor, kenapa tidak (lapor) ketika terjadi peristiwa.' Ini pertanyaan yang memiriskan hati, menunjukkan kalimat itu dikeluarkan dari orang yang tidak tahu kondisi korban," ujar Veryanto.

Dia menjelaskan, perempuan yang menjadi korban kekerasan mengalami situasi berbeda sehingga korban sudah tidak sama lagi dibandingkan dengan saat kasus itu belum terjadi.

"Bahkan saat pelaku sudah dihukum penjara, korban belum tentu sudah mengalami pemulihan, banyak yang masih mengalami penderitaan," ujarnya.

Baca juga: Edukasi Pencegahan Kekerasan Seksual Harus Libatkan Laki-laki

Veryanto turut menyampaikan, kasus-kasus kekerasan seksual yang terungkap saat ini trennya cenderung meningkat.

Fenomena ini patut diapresiasi, karena artinya sudah banyak korban yang berani mengungkap dan melaporkan kasus kekerasan seksual yang mereka alami.

"Mungkin dulu kasus kekerasan seksual juga banyak terjadi tapi tidak banyak yang berani melaporkan, sehingga tahun 2022, 2023, 2024 kasus-kasus ini mencuat. Kita harus apresiasi keberanian korban," ujar Veryanto.

Baca juga: Stereotipe Maskulinitas Buat Pria Korban Pelecehan Seksual Pilih Bungkam

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com