Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olahraga Tetap Disarankan Saat Puasa, Ini Jenis dan Waktu yang Tepat

Kompas.com - 13/03/2024, 15:00 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama puasa Ramadhan, umat Islam dilarang untuk makan dan minum mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Kondisi ini terkadang dijadikan alasan untuk malas berkegiatan, termasuk olahraga

Tak sedikit juga yang ragu untuk beraktivitas fisik meski ringan, dengan alasan takut kehausan atau kelaparan.

Padahal, olahraga punya banyak manfaat bagi kesehatan, baik saat puasa maupun tidak. Perbedaannya, bisa dari segi jenis olahraga, waktu, dan lama durasi untuk beraktivitas fisik. Berikut beberapa saran olahraga yang tepat saat puasa, menurut pada ahli. 

Jenis olahraga saat puasa

Guru Besar Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sri Winarni menyarankan untuk berolahraga dengan intensitas rendah hingga sedang saat puasa.

"Olahraga berintensitas tinggi dapat menyebabkan dehidrasi dan kelelahan, terutama saat berpuasa," ujarnya, dikutip dari Kompas.com (12/3/2024).

Beberapa contoh olahraga berintensitas rendah hingga sedang antara lain seperti jalan kaki, yoga, dan bersepeda dengan kecepatan santai.

Baca juga: Tips Olahraga Nyaman dan Aman di Tengah Buruknya Polusi Udara

Sementara itu, Praktisi Kesehatan Masyarakat dr. Ngabila Salama MKM menyebutkan, seseorang yang menjalani puasa disarankan untuk tetap beraktivitas fisik atau berolahraga ringan agar tubuh tetap bugar.

"Olahraga sebaiknya tidak yang terlalu berkeringat. Yang penting kita berkeringat tipis-tipis aja, jangan sampai baju olahraga kita penuh keringat sampai basah begitu," kata Ngabila. 

Beberapa jenis olahraga yang disarankan pada saat berpuasa adalah berjalan cepat atau sepeda statis dalam ruangan dengan level sedang.

Kepala Seksi Pelayanan Medik RSUD Tamansari Jakarta itu juga mengimbau agar masyarakat tidak memaksakan diri untuk berolahraga berat, khususnya bagi seseorang yang tetap bekerja pada saat menjalani puasa.

"Aktivitas fisik juga tidak selalu berolahraga, yang penting itu bergerak. Bisa seperti peregangan (stretching) di sela-sela pekerjaan atau berjalan kaki sekitar 6000 langkah hingga 8000 langkah," paparnya, dilansir dari Antara

Waktu olahraga saat puasa

Terkait waktu dan durasi, Sri mengatakan ada dua waktu yang tepat untuk berolahraga ketika bulan puasa.

"Sore menjelang berbuka puasa. Bisa juga sebelum sahur, sesudah berbuka. Intinya memastikan tubuh tetap terhidrasi," ujarnya.

Olahraga sebelum sahur dapat membantu mempercepat metabolisme sepanjang hari, sedangkan olahraga setelah berbuka puasa dapat membantu mencerna makanan.

Namun, ia mengimbau agar olahraga dilakukan minimal dua jam setelah makan. Tujuannya, untuk memberi waktu dan energi pada tubuh dalam mengolah makanan.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com