Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter Ungkap Hamil di Atas 35 Tahun Lebih Berisiko, Ini Alasannya

Kompas.com - 03/04/2024, 21:04 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Baru-baru ini, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo mengimbau usia maksimal ibu hamil adalah 35 tahun guna mencegah anak mengalami stunting. 

Terkait hal ini, ibu yang hamil di usia 35 tahun atau lebih didorong untuk rutin cek kesehatan, karena memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan sebelum usia tersebut. 

"Ibu hamil kalau sudah di atas 35 tahun disebut kehamilan risiko tinggi, karena puncak kejayaan manusia itu umur 32 tahun. Saya tidak melarang untuk hamil di usia tersebut, tetapi sebelum hamil cek gula darah dan tensi," kata Hasto, dilansir dari Antara, Rabu (1/4/2024). 

Baca juga: BKKBN Imbau Perempuan Hamil Sebelum 35 Tahun, Demi Cegah Stunting

"Kadang-kadang juga ada yang hipertiroid (produksi hormon berlebih oleh kelenjar di area leher)," imbuhnya. 

Senada, Dokter Kandungan Bima Suryantara dari Rumah Sakit JIH Solo mengatakan hal serupa. Salah satu risiko ibu hamil di atas usia 35 tahun adalah lahirnya bayi prematur. 

"Benar, kehamilan dengan Ibu usia di atas 35 tahun lebih berisiko terhadap beberapa keadaan, misalnya diabetes mellitus dan pre-eklampsia, serta kemungkinan meningkatnya risiko kelainan kromosom pada janin, persalinan prematur, dan berat bayi lahir rendah," ujar Bima kepada Kompas.com, Rabu. 

Apa benar berkaitan dengan stunting?

Lantas, benarkah hamil pada usia di atas 35 tahun berisiko melahirkan anak yang mengalami stunting? Menurut Bima, hal tersebut memiliki keterkaitan secara tidak langsung. 

"Keterkaitan stunting dengan kehamilan dengan usia ibu di atas 35 tahun adalah keterkaitan secara tidak langsung, lebih karena ibu hamil di atas 35 tahun berisiko terjadi persalinan prematur seperti yang sudah disebutkan," tuturnya.

Dimana, kata dia, bayi prematur akan jauh lebih kecil, baik berat badan maupun tinggi badan, dibandingkan bayi yang lahir cukup bulan.

Baca juga:

Dikutip dari Kompas.com (1/4/2024), Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, Mahmud Aditya Rifqi mengatakan, perempuan hamil usia 35 tahun ke atas dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan.

Salah satu risiko yang muncul adalah kelahiran prematur. Kelahiran prematur ini yang dikaitkan dengan peningkatan risiko stunting pada bayi.

Menurut Mahmud, risiko komplikasi tersebut cenderung meningkat seiring dengan pertambahan paritas dan Indeks Massa Tubuh (IMT) yang tinggi (overweight dan obesitas).

"Namun, hingga saat ini, belum cukup bukti yang menunjukkan bahwa kehamilan pada usia di atas 35 tahun secara signifikan berpengaruh terhadap risiko stunting atau malnutrisi pada bayi yang baru lahir, asalkan faktor-faktor lainnya dapat terkontrol," kata Mahmud.

Ia menilai, tidak ada batasan usia maksimum 35 tahun bagi perempuan untuk hamil terkait risiko malnutrisi. Sebaliknya, dalam kondisi kesehatan yang baik, pertambahan usia ibu dapat menjadi keuntungan karena memiliki pengetahuan dan pengalaman yang lebih luas.

Menurutnya, status gizi anak dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk status gizi ibu, asupan makanan, akses terhadap layanan kesehatan, dan kondisi sanitasi lingkungan.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com