Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/04/2024, 10:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Samator Indo Gas Tbk menggelar acara buka puasa bersama yang mengusung tema Green Ngabuburit: Tree for City, di Taman Waduk Ria Rio, Selasa (2/4/2024).

Menghadirkan konsep yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, program Safari Ramadhan tahun 2024 yang digelar oleh Samator Group dilaksanakan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) bekerja sama dengan beberapa pihak mulai dari jajaran dinas pemerintahan hingga rekan-rekan dari panti asuhan setempat.

Green Ngabuburit: Tree for City diselenggarakan di tiga kota yakni, Banjarbaru, Kamis  (21/3/2024) di RTH Al-Munawarrah, dilanjutkan yang kedua di Jakarta Timur, Selasa (2/4/2024) di Taman Waduk Ria Rio, dan ditutup di Kota Surabaya Kamis (4/4/2024) di Kebun Bibit Wonorejo.

President Director and CEO PT Samator Indo Gas Tbk Rachmat Harsono mengatakan, isu tingginya polusi udara di Kota Jakarta menjadi sorotan sejak tahun lalu.

Baca juga: Peneliti BRIN Kembangkan Metode Daur Ulang Baterai Litium Ramah Lingkungan

Indeks Kualitas Udara (IKU) di Jakarta saat ini menunjukkan angka 169 dengan polutan utama PM 2.5 sehingga dapat dikategorikan memiliki kualitas udara yang tidak sehat.

Penanaman pohon di RTH juga menekankan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan karena bersihnya lingkungan tidak hanya menciptakan ruang yang nyaman untuk aktivitas, tetapi juga membantu mewujudkan kesehatan fisik dan mental bagi masyarakat yang mengunjungi serta memperkaya ekosistem sekitar.

"Seperti yang kita lakukan saat ini, berkegiatan di RTH memiliki banyak manfaat mulai dari peningkatan produktivitas dan kreativitas serta dapat meningkatkan kondisi kesehatan khususnya pada bulan suci Ramadhan ini," tutur Rachmat.

Kegiatan diawali dengan prosesi penanaman lima bibit pohon flamboyan dan philodendron.

Selain itu juga dilakukan penyerahan 50 bibit Pohon Palem Kipas, Lili Paris, dan Pucuk Merah dari Samator Group kepada Kelurahan Manggarai.

Bibit pohon ini juga merupakan simbolisasi dari semangat serta optimisme Samator Group menyongsong 50 tahun Samator Emas pada 2025 nanti.

Baca juga: BRIN Dorong Industri Riset Kosmetik Lokal Berbahan Ramah Lingkungan

Pada saat yang bersamaan, sebanyak 26 anak Panti Asuhan Muslimin Jaya dan Chairunnisa tampak antusias mengikuti kegiatan melukis bertemakan lingkungan.

Melukis di RTH menjadi sarana Samator Group dalam memfasilitasi kreativitas anak-anak serta memperkenalkan generasi muda dengan nilai-nilai perlindungan lingkungan dan membangun kesadaran akan pentingnya mempertahankan alam semesta bagi kita dan generasi yang akan datang.

Rachmat mengatakan, konsep baru dalam acara Safari Ramadhan ini juga merupakan komitmen kami sebagai perusahaan terhadap Environmental, Social, and Governance (ESG).

"Kami menyadari bahwa perlindungan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat adalah bagian penting dari pembangunan bisnis yang berkelanjutan," imbuh Rachmat.

Melalui Green Ngabuburit: Tree for City, Samator Group terus berkomitmen dalam kontribusi nyata menciptakan perusahaan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan serta memberi manfaat positif bagi masyarakat sekitar.

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com