Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/06/2024, 14:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com - Skor capaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia pada 2024 mengalami penurunan bila dibandingkan 2023.

Dalam laporan terbaru dari UN Sustainable Development Solutions Network (SDSN) dalam Sustainable Development Report 2024, skor Indonesia adalah 69,4 poin dari skala 100.

Sedangkan pada tahun lalu, skor capaian SDGs Indonesia dalam Sustainable Development Report 2023 adalah 70,16 poin dari skala 100.

Baca juga: Capaian SDGs Dunia Stagnan Sejak 2020, Baru 16 Persen Sesuai Jalur

Penurunan skor tersebut turut membuat peringkat Indonesia bergeser, dari semula peringkat ke-75 dari 166 negara kini menempati ranking 78 dari 167 negara.

Dalam laporannya, Sustainable Development Report 2024 memberikan catatan terhadap tren capaian SDGs di Indonesia.

Baru dua tujuan SDGs yakni Tujuan 1 Tanpa Kelaparan dan Tujuan 4 Pendidikan Berkualitas yang capaiannya disebut sesuai jalur atau mempertahankan pencapaian SDGs.

Sementara itu ada tujuh tujuan SDGs Indonesia dinilai mengalami kenaikan yang cukup.

Baca juga: Indonesia’s SDGs Center Network Diluncurkan, Jadi Wadah Pertukaran Berbagai Pihak

Keenam tujuan tersebut adalah Tujuan 3 Kehidupan Sehat dan Sejahtera, Tujuan 5 Kesetaraan Gender, Tujuan 6 Air Bersih dan Sanitasi Layak, Tujuan 8 Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, Tujuan 9 Industri Inovasi Infrastruktur, Tujuan 10 Berkurangnya Kesenjangan, dan Tujuan 12 Produksi dan Konsumsi yang bertanggung jawab.

Sisanya, sebanyak delapan tujuan SDGS, capaiannya stagnan. Kedelapan tujuan ini adalah Tujuan 2 Tanpa Kelaparan, Tujuan 7 Energi Bersih dan Terjangkau, Tujuan 11 Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan, serta Tujuan 13 Penanganan Perubahan Iklim.

Selain itu ada Tujuan 14 Ekosistem Lautan, Tujuan 15 Ekosistem Daratan, Tujuan 16 Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh, serta Tujuan 12 Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

Baca juga: Cara Daftar Lestari Awards 2024, Penghargaan Perusahaan Peduli SDGs

Sustainable Development Report 2024 juga menilai status target SDGs yang terbagi menjadi tiga yakni tercapai atau sesuai jalur, progresnya terbatas, dan memburuk.

Dari seluruh capaian SDGs di Indonesia, sebanyak 40 persen target disebutkan tercapai atau sesuai jalur.

Sedangkan 36 persen progres targetnya terbatas. Sisanya, 24 persen status target SDGs memburuk.

Baca juga: Pantau Emisi GRK hingga Scope 3, Kompas.com dan BGK Dorong Partisipasi Publik Capai SDGs

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com