Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muncul Ruam Putih pada Kulit Bayi, Bahayakah?

Kompas.com - 20/06/2023, 06:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda menemukan ruam berwarna putih pada kulit bayi? Munculnya ruam putih ini bisa jadi membuat beberapa orangtua khawatir dengan kondisi kulit buah hatinya.

Ruam putih pada wajah bayi atau hipopigmentasi merupakan kondisi ketika pigmen pada kulit berkurang, sehingga menimbulkan bercak berwarna putih pada kulit.

Menurut dr. Isvarani Devana Irawan Sp.A dari RSIA Bina Medika Bintaro, ruam atau hipopigmentasi pada kulit bayi bisa muncul karena beberapa hal.

Mulai dari kulit bayi yang sedang beradaptasi dengan lingkungannya atau penggunaan salep atau obat yang tidak sesuai.

Baca juga: Dukung Keberlanjutan, PZ Cussons Perkenalkan Produk Bayi Pertama Bersertifikat Ekolabel

Ruam putih juga bisa timbul karena panu dan pityriasis alba. Panu timbul akibat adanya infeksi jamur pada kulit bayi. Biasanya, panu muncul di daerah kulit yang lembap dan tertutup pakaian.

Sedangkan pityriasis alba muncul akibat paparan sinar matahari berlebih atau alergi yang menyebabkan kulit bayi menjadi kering.

Kondisi kulit kering inilah yang mengurangi tingkat kelembapan dan memunculkan hipopigmentasi. Penyakit kulit ini kerap muncul pada daeerah leher, lengan atas, punggung.

“Biasanya, pityriasis alba muncul di leher, lengan atas, punggung. Sebenarnya daerahnya agak mirip dengan panu. Kalau panu muncul di daerah lembap, karena jamur sukanya di tempat yang lembap. Jadi biasanya di lipatan leher, punggung, daerah yang tertutup baju, sehingga kena keringat,” ungkap Isvariani, dikutip dari Live Instagram Doodle Exclusive Baby Care, Sabtu (17/6/2023).

Kendati ruam putih karena panu dan pityriasis alba tampak sama, namun, ada perbedaan yang jelas di antara keduanya.

Baca juga: Teknik Mudah Memijat Bayi, Atasi Kelelahan Usai Mudik Lebaran

Jika ruam timbul akibat panu, maka bercak ruam timbul bersamaan dengan adanya inflamasi atau peradangan berwarna merah pada pinggirnya.

Sedangkan ruam akibat pityriasis alba berwana putih, tidak diiringi dengan adanya peradangan, dan memiliki tekstur kasar seperti sisik.

ASI tidak menyebabkan ruam

Banyak orang mengira, ruam putih pada wajah bayi timbul karena Air Susu Ibu (ASI) yang menempel di sekitar area pipi dan mulut. Padahal, menurut Isvarani, bekas ASI tidak menyebabkan ruam dan justru aman ketika terkena kulit bayi.

Kendati demikian, jika ASI yang menempel di area sekitar mulut bercampur dengan air liur yang bersifat asam, tidak segera dibersihkan, dapat memicu timbulnya ruam putih pada kulit bayi.

“Tapi kalau ASI yang diminum bercampur sama air liur, kemudian air liurnya dibiarkan berlama-lama di sekitar mulut, nah itu yang bisa bikin ruam,” tutur Isvarani.

Baca juga: Cussons Bantu Posyandu untuk Kesehatan Ibu, Bayi, dan Anak

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com