Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/07/2023, 07:00 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

KOMPAS.com – Sejumlah perusahaan telah menerapkan isu Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dalam program-program mereka.

Sebagai contoh, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang mengimplementasikan sembilan dari 17 tujuan SDGs dalam programnya.

VP ESG BCA Louw Leng Hian mengatakan, perusahannya menerapkan kesembilan tujuan tersebut yakni tujuan nomor tiga kehidupan sehat dan sejahtera, tujuan nomor empat pendidikan berkualitas, tujuan lima kesetaraan gender, serta tujuan tujuh energi bersih dan terjangkau.

Baca juga: Lestari, Inisiatif KG Media Percepat SDGs di Indonesia Resmi Meluncur

Selai itu tujuan pekerjaan layak dan ekonomi, tujuan sembilan industri inovasi dan infrastruktur, tujuan 10 berkurangnya kesenjangan, tujuan 13 penanganan perubahan iklim, dan tujuan 16 perdamaian keadilan dan kelembagaan yang kuat.

Kesembilan tujuan SDGs tersebut diterapkan melalui berbagai macam program dari mulai sektor pendidikan, ekonomi, kesehatan, pengelolaan sampah, dan lain-lain.

“Setiap tujuan SDGs ada realisasinya dalam mendukung program SDGs tersebut,” kata Louw dalam Intimate Roundtable dan Soft Launching KG Media Lestari di Menara Kompas, Jumat (28/7/2023).

Tahun lalu, BCA menyabet penghargaan Indonesia’s SDGs Action Awards 2022 sebagai terbaik kedua Kategori Pelaku Usaha Besar dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Baca juga: Pengembangan Anak Usia Dini Termasuk Prioritas SDGs

Low menuturkan, ada tiga program yang mendapat penilaian tinggi dari Kementerian PPB/Bappenas yaitu desa wisata binaan, konservasi orang hutan, dan program pendidikan bagi masyarakat berupa beasiswa.

Dia menyampaikan, program-program terkait SDGs difokuskan oleh BCA sejak 2019 dan merupakan penyelarasan dari program-program sebelumnya.

Sementara itu, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) juga menerapkan SDGs dalam program-program mereka.

EVP CSR BRI Ganjar Nugraha menuturkan, program penerapan SDGs di BRI dituangkan ke tiga pilar utama yaitu pendidikan, lingkungan, dan ekonomi melalui pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Baca juga: Riset KG Media: Gen Z Punya Peran Krusial Percepat SDGs di Indonesia

“Dari sisi lingkungan, misalnya, kami ada (program) untuk waste management (manajemen sampah) untuk klaster-klaster dan juga sampah,” kata Ganjar.

Sedangkan ekonomi berupa pemberdayaan kelompok yang termarjinalisasi, seperti penyandang disabilitas dan perempuan, untuk peningkatan kapasitas perekonomiannya.

Chief Executive Officer (CEO) KG Media Andy Budiman menyampaikan sambutan dalam peluncuran platform Lestari di Menara Kompas, Jumat (28/7/2023).KOMPAS.com/DANUR LAMBANG PRISTIANDARU Chief Executive Officer (CEO) KG Media Andy Budiman menyampaikan sambutan dalam peluncuran platform Lestari di Menara Kompas, Jumat (28/7/2023).

Dari sektor pendidikan contohnya adalah membantu meningkatkan nilai nasionalisme serta merenovasi sekolah di wilayah-wilayah perbatasan.

Ganjar memaparkan, program-program dari BRI terkait SDGs telah berjalan selama empat tahun terakhir dan merupakan penyesuaian dari program yang telah eksis terlebih dulu.

Baca juga: Kurangnya Publikasi SDGs dari Perusahaan Dapat Berdampak Buruk

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com