Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/09/2023, 15:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Pasar karbon dianggap sebagai mekanisme yang efisien untuk mencapai masa depan iklim yang lebih aman dan terjangkau.

Dengan menetapkan harga emisi gas rumah kaca (GRK), mengalokasikan pendanaan untuk kegiatan-kegiatan yang selaras dengan iklim, dan memberi insentif pada investasi (teknologi, perilaku utama, dan institusi baru), pasar karbon berkomitmen melindungi penyerap karbon alami.

Selain itu juga sekaligus menghilangkan 10-13 gigaton karbon per tahun diperlukan agar tetap berada pada jalur net zero emission (NZE) tahun 2050.

Namun, menciptakan pasar karbon yang efektif terbukti sulit dilakukan, meskipun pasar tersebut telah berkembang menjadi dua kategori besar.

Baca juga: Indonesia Minta ASEAN Bersatu dalam Perdagangan Karbon

Pasar kepatuhan atau Compliance Markets yang bertumpu pada kebijakan, undang-undang, atau peraturan, tidak mencapai cakupan atau skala yang diperlukan untuk mengatasi tantangan iklim.

Sementara itu, pasar karbon sukarela atau Voluntary Carbon Markets (VCM) dihadapkan pada tantangan yang semakin kompleks dan tuntutan yang bersaing.

VCM beroperasi berdasarkan aturan yang ditetapkan oleh organisasi non-pemerintah (LSM) dan organisasi yang mempunyai tujuan publik lainnya.

VCM memungkinkan pihak swasta untuk membeli dan menjual kredit karbon yang mewakili penghindaran, pengurangan, atau penghapusan GRK dari atmosfer.

Ketika teknologi tenaga angin, tenaga surya, dan energi terbarukan lainnya mengalami kesulitan untuk bersaing dalam hal biaya, VCM menyediakan sumber pendanaan tambahan yang penting untuk membantu mereka tumbuh dan bersaing dengan bahan bakar fosil.

Baca juga: Indonesia Andalkan Alam Kurangi Emisi Karbon

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, pasar sukarela telah dibebani dengan berbagai fungsi yang tidak dirancang untuk dijalankan secara menyeluruh atau bersamaan.

Hal ini mencakup penawaran jalan menuju NZE bagi perusahaan-perusahaan terbesar di dunia; memberikan pendapatan kepada negara-negara yang menginginkan pertumbuhan ekonomi selaras dengan iklim; dan menciptakan mekanisme pembiayaan untuk teknologi tahap awal sehingga dapat mencapai ambang batas komersialisasi.

Akibatnya, VCM tenggelam dalam transisi yang rumit. Meskipun berkembang pesat, VCM juga harus menyempurnakan proses mereka untuk memastikan dua prioritas.

Pertama, semua kredit harus memberikan dampak emisi yang terukur dan dapat diverifikasi. Kedua, potensi efisiensi, akurasi, dan transparansi teknologi digital harus diintegrasikan tanpa menimbulkan risiko baru atau biaya yang berlebihan.

Tantangan dan Peluang VCM

Dalam beberapa tahun terakhir, VCM telah mewujudkan janji dan kompleksitas upaya kolektif untuk memerangi perubahan iklim dan melakukan dekarbonisasi dengan cepat untuk mencapai tujuan Perjanjian Paris yang membatasi kenaikan suhu hingga 1,5 derajat Celcius tahun 2050.

Baca juga: Langkah Praktis Mengurangi Jejak Karbon dalam Perjalanan

VCM mengalami pertumbuhan yang luar biasa dan dapat menjadi mekanisme pendanaan penting untuk berbagai solusi iklim, mulai dari menghentikan deforestasi hingga meningkatkan teknologi penangkapan udara langsung.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com