Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2023, 07:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mencapai target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 2030 yang berfokus pada inovasi sosial, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) menggelar gerakan Sedekah Seribu Pohon Untuk Anak Cucu (Serbu Pacu).

Program ini berkolaborasi dengan Koperasi Konsumen Swadaya Pribumi Klapanunggal (KKSPK), dan dilaksanakan pada 27 September 2023 di Club House Pabrik Narogong.

Seremoni ditandai dengan penanaman pohon dan pembagian 1.500 bibit pohon yang akan didistribusikan ke lima desa dan delapan bank sampah binaan serta satu Kelompok Ramah Lingkungan (KRL) melalui tim Desa Tangguh Bencana (Destana).

Pohon memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan mendukung kehidupan di bumi. Selain berfungsi sebagai paru-paru dunia, pohon merupakan kunci untuk melawan pemanasan global dan perubahan iklim yang semakin mengancam.

Baca juga: Kerja Sama dengan SDN Karet 01, QNET Tanam 70 Pohon

Hal inilah yang membuat SBI Pabrik Narogong bersama KKSPK berkolaborasi untuk mendorong upaya-upaya dalam menjaga kelestarian alam yang bernilai tambah.

Dengan pengelolaan yang tepat, inisiatif-inisiatif ini bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan global yang terjadi.

"Oleh karena itu keterlibatan dari para pemangku kepentingan dan mitra binaan sekitar area operasional sangat dibutuhkan untuk mewujudkan gerakan yang berkelanjutan”, tutur General Affairs & Community Relations Manager SBI Pabrik Narogong Nur Lailiyah.

Laily menambahkan sejak tahun 2020, SBI Pabrik Narogong telah melakukan penanaman pohon sebanyak kurang lebih 13.000 pohon yang dilakukan di sekitar area operasional perusahaan.

“Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kami dalam menjaga keberlanjutan ekosistem untuk mewujudkan masa depan yang kita mau," imbuhnya.

Baca juga: Metland Canangkan Tanam 30.000 Pohon hingga 2024

DLH Kabupaten Bogor memberikan apresiasi kepada Perusahaan atas dukungan yang dilakukan dalam rangka pengendalian pencemaran udara di Kabupaten Bogor.

Sub Koordinator Pengelolaan Keanekaragaman Hayati Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor Mohamad
Haris menyampaikan terima kasihnya atas dukungan SBI Pabrik Narogong yang telah terlibat dalam kegiatan penanaman pohon di Kabupaten Bogor.

"Kami berharap semakin banyak pihak yang berpartisipasi untuk melindungi keanekaragaman hayati," cetusnya.

 

Mari berkontribusi langsung dalam upaya mencegah dan mengatasi masalah STUNTING di Indonesia. Ikut berdonasi dengan klik Kompas.com Jernih Berbagi.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com